Hadirkan Mahfud MD, FH Unsrat Gelar Seminar Nasional “Kabinet Presidensial”

by

Manado – Fakultas Hukum (FH) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, menggelar Seminar Nasional yang menghadirkan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Prof Mahfud MD, sekaligus Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), pada Rabu (18/9/2019).

Seminar Nasional yang mengangkat tema “Kabinet Presidensial Dalam Sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia” merupakan rangkaian dari Dies Natalis ke-61 Fakultas Hukum Unsrat, dan sebagai penyelenggara adalah bagian Hukum Tata Negara salah satu bagian pada FH Unsrat yang memberikan perhatian penuh pada Pendidikan Hukum Tata Negara.


Dalam sambutannya, saat membuka Seminar Nasional Dekan FH Unsrat Dr Flora Pricilla Kalalo SH MH mengatakan, kebanggaan seluruh civitas Akademika Fakultas Hukum UNSRAT karena mendapat kesempatan dan kesediaan Prof. Mahfud MD untuk membagi materi kepada semua yang hadir dalam Seminar Nasional ini. “Kita semua patut berbangga, karena mendapat kesempatan dan kesediaan Prof. Mahfud MD untuk memberikan materi membagi ilmu kepada kita semua, kalau biasanya kita hanya melihat melalui layar kaca, media cetak, dan media elektronik, hari ini beliau hadir langsung di Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi,” kata Dekan Dr Flora Pricilla Kalalo yang disambut tempuk tangan dari peserta dan tamu undangan yang hadir.
Dekan Kalalo juga menyampaikan terima kasih atas Kehadiran Tokoh Nasional Bangsa Prof Mahfud MD, Imam Marsudi dan seluruh tamu dan undangan yang hadir dalam Seminar Nasional “Kabinet Presidensial Dalam Sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Sementara itu Prof. Mahfud MD membahas secara umum Sistem Presidensial Indonesia sejak awal dilakukannya pada tahun 1945, juga negara-negara yang menganut Sistem Presidensial. Ia mengatakan Sistem Presidensial di Indonesia merupakan hasil modifikasi. “Sistem Presidensial kita merupakan hasil modifikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan. Secara umum Sistem Presidensial itu ada Presiden dan ada Kongres atau Parlemen, kedudukan sejajar dan sifatnya tidak bisa saling menjatuhkan. Indonesia juga begitu Presiden dan DPR tidak bisa saling menjatuhkan, tetapi Presiden bisa dijatuhkan oleh MPR padahal separuhnya adalah anggota DPR, itulah salah satu modifikasi,” ucap Mahfud MD.

Pada Seminar Nasional ini Turut hadir Forkopimda Sulut, pengamat pemerintahan dan politik yang juga Akademisi Unsrat Dr. Ferry Liando, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Provinsi Sulawesi Utara Dr Herwin Malonda bersama seluruh jajaran Bawaslu Kabupaten dan kota di Sulut, Mahasiswa IPDN, para dosen serta mahasiswa FH Unsrat.

Penulis: Ishak Kusrant
Editor: Ishak Kusrant

2 thoughts on “Hadirkan Mahfud MD, FH Unsrat Gelar Seminar Nasional “Kabinet Presidensial”

Leave a Reply

Your email address will not be published.