Hanya Satu Pengawas, Kacabdin Sangihe : Kepsek Yang Mau Belum Ada

oleh -450 views

Tahuna, Kabarmanado.com – Persoalan kekurangan pengawas Sekolah saat ini terjadi hampir semua di Cabang Dinas Pendidikan dibawah Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut.

Kurangnya pengawas sekolah khususnya di wilayah Cabang Dinas Pendidikan di Sulut tentunya akan berpengaruh pada mutu pendidikan itu sendiri.

Pengawas Sekolah yang mempunyai peranan penting baik penilaian Kinerja Kepala Sekolah maupun pengawasan akademik dan manajerial pada satuan pendidikan.

Karena Kepala Sekolah yang professional dapat merumuskan sebuah mutu lulusan dari sekolah yang dipimpinnya. Demikian juga untuk Cabang Dinas Pendidikan Wilayah , Penilaian Kinerja Kepala Sekolah menjadi agenda rutin untuk menilai kinerja kepala sekolah tiap tahun atau empat tahun.

Dalam Pasal 1 ayat (2) Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara  dan Reformasi Birokrasi Nomor 21 Tahun 2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya disebutkan bahwa Pengawas Sekolah adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang diberi tugas, tanggung jawab dan wewenang secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melaksanakan pengawasan akademik dan manajerial pada satuan pendidikan. Regulasi tersebut ditindaklanjuti oleh Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 01/III/PB/2011. Nomor 6 Tahun 2011 serta Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 143 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Angka Kreditnya.

Selain tugas pokok dan fungsi yang dimiliki oleh pengawas, pengawas juga memiliki peranan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Secara garis besar peran pengawas pendidikan tertulis dalam Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pada pasal 55 bahwa “pengawasan pendidikan meliputi pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut hasil pengawasan”.

Pengawas sekolah atau pengawas pendidikan hendaknya berperan sebagai: (1) Mitra guru dalam meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran dan bimbingan di sekolah binaannya. (2) Inovator dan pelopor dalam mengembangkan inovasi pembelajaran dan bimbingan di sekolah binaannya. (3) Konsultan pendidikan disekolah binaannya. (4) Konselor bagi kepala sekolah, guru dan seluruh staf sekolah. (5) Motivator untuk meningkatkan kinerja semua staf sekolah.

Seorang pengawas dapat membantu para guru dalam menilai hasil proses belajar mengajar dan menilai kurikulum yang dikembangkan oleh sekolah sesuai dengan kurikulum pada standar nasional pendidikan.

Mutu pendidikan tidak akan berhasil jika dicapai karena faktor guru saja. Tenaga pendidikan lainya seperti pengawas juga memberikan kontribusi yang signifikan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Disadari ataupun tidak disadari, mutu pengawasan akan mempengaruhi mutu guru, mutu guru akan mempengaruhi mutu proses pembelajaran, proses pembelajaran yang bermutu akan menghasilkan murid yang bermutu, dan pada akhirnya jika semua bersinergi akan mempengaruhi mutu pendidikan secara keseluruhan.

Kekurangan pengawas sekolah yang terjadi di Wilayah Cabang Dinas Pendidikan Sangihe tentunya akan berpengaruh dengan mutu pendidikan.

Kepala Wilayah Cabang Dinas Pendidikan Sangihe, Drs Jusran Horison Gahansa saat ditemua di ruang kerjanya Jumat (14/01/2022) menyampaikan, saat ini sangat membutuhkan pengawas diwilayahnya karena tinggal 1 orang saja pengawas.

“Ya tahun lalu ada 3 orang dan satu sudah meninggal dan satu sudah pensiun sehingga tinggal 1 orang saja disini yang jadi pengawas dan kami juga bersyukur dibantu 2 Pengawas dari kantor pusat Dikda Sulut untuk mengatasi Kelurangan saat ini,”ungkap Kacabdin.

Lanjut Kacabdin Jusran, kekurangan pengawas ini terjadi karena sangat minim para Kepsek yang mau menjadi pengawas dan itu juga harus melalui penilaian yang serius.

” Kepsek yang berprestasi menjadi suatu hal yang dinilai kalau mau menjadi pengawas dan masih banyak lagi penilaiannya,”kata Jusran.

Dia berharap juga pada Tahun ini bisa ada ketambahan pengawas sehingga kekurangan ini dapat dipenuhi.(Kifli).

tenor

No More Posts Available.

No more pages to load.