Harapan Gubernur Pada Pembukaan Asian Science Camp

by
Gubernur Sulut, Olly Dondokambey membuka penyelenggaraan internasional Asian Science Camp (ASC) 2018, di Hotel Sutan Raja Maumbi, Minahasa Utara.

Manado -Gubernur Sulut, Olly Dondokambey membuka penyelenggaraan internasional Asian Science Camp (ASC) 2018, di Hotel Sutan Raja Maumbi, Minahasa Utara, Sabtu (04/08/2018).

Terselenggaranya kegiatan tersebut karena sebelumnya sudah ada nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemprov Sulut dengan Surya Institute tentang pelaksanaan kegiatan ASC.

Provinsi Sulut yang dipercayakan menjadi tuan rumah pelaksanaan iven internasional ASC dalam pembukaannya berjalan sukses.

Gubernur dalam sambutan pembukaannya mengatakan, kegiatan itu bukan hanya ajang peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi, akan tetapi bisa mempromosikan pariwisata Sulawesi Utara ke manca negara.“Sudah pasti peningkatan kualitas pendidikan di daerah akan dapat ditingkatkan dan ini menjadi bukti bahwa pemerintah Daerah juga sangat peduli dengan peningkatan kualitas pendidikan,” ungkapnya.

Gubernur berharap agar para siswa berbakat dapat tercerahkan melalui diskusi dan dialog dengan ilmuwan terkemuka di dunia, dan mempromosikan persahabatan dan kerjasama internasional antara siswa muda terbaik generasi berikutnya di Asia.

Ketua Panitia yang juga Asisten 1 Pemprov Sulut, Edison Humiang menyampaikan, dalam ajang kegiatan internasional ASC dihadiri 375 peserta dari 27 Negara Asia. “Kegiatan ini dimulai tanggal 4 – 9 Agustus 2018 dan secara resmi telah dibuka Gubernur Sabtu 4 Agustus 2018,” ujarnya.

Dia mengatakan, ASC pertama diadakan di Taipei pada tahun 2007, dan kemudian diadakan di Bali 2008, Tsukuba Jepang 2009, Mumbai 2010, Daejeon Korea Selatan 2011, Universitas Ibrani Yerusalem Yerusalem, Israel 2012 dan di Indonesia sudah kedua kali yaitu Bali dan sekarang ini di Sulut .

Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, dr Grace Punuh MKes mengatakan, kegiatan itu adalah di bidang ilmu pengetahuan yang dihadiri peserta dari berbagai negara di Asia. “Kami dari Sulut mengutus 20 siswa dan mahasiswa terbaik yang juga fasih berbahasa Inggris menjadi peserta,” kata Punuh.

Kata Punuh, para narasumber adalah para pemenang Nobel dan Mahasiswa Nobel di Lindau Jermano, Profesor Yuan Tseh Lee pemenang Nobel Kimia 1986 dari Chinese Taipei, dan Profesor Masatoshi Koshiba pemenang Nobel Fisika 2002 dari Jepang.

Pembukaan kegiatan internasional tersebut juga dihadiri Sekretaris Provinsi Sulut, Edwin Silangen, para pejabat eselon dua, ratusan siswa -siswi SMA Negeri 1 Airmadidi dan SMK Negeri 1 Airmadidi Minahasa Utara.

 

Penulis: Zulkifli Madina

tenor

Leave a Reply

Your email address will not be published.