Hari Ini KSN Tingkat Provinsi Jenjang SMA Resmi Dimulai Serentak Seluruh Indonesia

by

Foto : Beberapa siswa SMA di Minut mengikuti KSN Tingkat Provinsi dimana wilayah Minut dipusatkan di MIS. (Istimewah).

Manado – Kompetisi Sains Nasional (KSN) Tingkat Provinsi Sulut jenjang SMA hari ini Senin 10 Agustus 2020 mulai dilaksanakan di Provinsi Sulut disaat darurat Covid-19. KSN Tingkat Provinsi jenjang SMA dilaksanakan serentak seluruh Indonesia.

KSN tingkat Provinsi jenjang SMA dimulai hari ini Senin 10 Agustus hingga 14 Agustus 2020.

KSN pada tahun 2020 ini tentunya berbeda kegiatannya dibandingkan dengan tahun yang lalu, dimana tahun ini dimasa pandemi Covid-19 dilaksanakan secara online.

” Memang hari ini KSN tingkat Provinsi jenjang SMA telah dimulai serentak seluruh Indonesia selama 5 hari,” kata Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulut, dr Grace Punuh M.Kes melalui Kepala Bidang Pembinaan SMA, Arthur Tumipa Senin (10/08).

Lanjut Tumipa, peserta KSN jenjang SMA di Provinsi Sulut diikuti utusan siswa terbaik di beberapa SMA di Sulut dimana ada 535 Siswa sebagai peserta.

” Ada 9 bidang lomba yang dipertandingkan yakni Ekonomi 58 Siswa, Astronomi 65 Siswa, Biologi 58 Siswa, Fisika 60 Siswa, Geografi 57 Siswa, Informatika 56 Siswa, Kebumian 71 Siswa, Kimia 57 Siswa, Matematika 53 Siswa,” ujar Tumipa.

Dijelaskan Tumipa, ajang bergengsi ini di harapkan mampu meningkatkan kompetensi sains dan ini untuk pemetaan mencari siswa berbakat.

” Para juara nanti akan bersaing ke tingkat Nasional dan dia berharap dalam kompetisi ini berjalan sehat dan murni,” jelas dia.

Kata Tumipa, Tunjukan ptestasinya dan bersainglah dengan sehat dalam kompetisi di setiap mata pelajaran.

Lanjutnya, Junjung tinggi integritas untuk kebaikan masa depan mereka dan Semoga semuanya bisa berjalan lancar sampai hari terakhir Jumat 14 Agustus.

“KSN secara daring kali ini ada yang dari rumah, sekolah atau di mana bisa lancar secara teknis, khususnya, bisa terjangkau jaringan internet dan listrik,” jelas Tumipa.

Dijelaskan Tumipa, Pelaksanaan KSNP Tahun 2020 telah dimulai dilaksanakan dimana

  1. Peserta mengikuti KSNP sesuai Jadwal dari Puspresnas
  2. Setiap peserta Wajib Mengerjakan Soal sendiri dan tidak boleh di damping oleh siapapun dengan berdasarkan pakta Integritas yang telah di upload dan surat pernyataan
  3. Untuk Pengawasan akan di lakukan melalui ZOOM yang akan kami pantau dari Dinas Dikda Sulut
    Jadi seluruh peserta wajib akses link yang akan kami bagikan ( menggunakan salah satu HP atau Komputer yang bisa mengawas lingkungan kerja Siswa selama mengerjakan soal, dengan catatan untuk VIDEO Harus di ON kan dan untuk Suara harus di MUTE) ini berlaku bagi yang kerja dri rumah maupun di sekolah
  4. Seluruh peserta wajib mematuhi Protokol Kesehatan

Terlihat KSN Tingkat Provinsi Jenjang SMA di wilayah Cabang Dinas Pendidikan ( Cabdin ) Talaud dipantau langsung Kacabdin, Sri Ratna Pasiak, S.Pd, M.Pd.

Pelaksanaan lomba Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat Propinsi Sulut Bidang Studi Matematika utusan Talaud diikuti oleh 4 siswa yakni 1 siswa SMAN 1 Melonguane, 1 siswa SMAN 2 Melonguane dan 2 siswa SMAN 1 Moronge.

Sementara KSN Tingkat Provinsi Jenjang SMA di wilayah Cabang Dinas Pendidikan ( Cabdin ) Minut – Bitung dipantau langsung Kacabdin, Drs. Ernest Emor.

Di Minut dipusatkan di SMA MIS Dan di Bitung dipusatkan di SMA Muhamadiyah Bitung