Hari ini Pemkot Manado Gelar Festival Ogoh-ogoh Road to Manado Fiesta

by

Manado – Festival Ogoh-ogoh masuk dalam kalender ivent pariwisa kota Manado Fiesta 2019 telah disiapkan oleh Wali kota GS Vicky Lumentut dan Wakil Wali kota Mor D Bastiaan, dan digelar Rabu 6 Maret 2019 di Lapangan Sparta Tikala Manado.

Kegiatan ini merupakan tadisi umat Hindu sehari sebelum Hari Raya Nyepi yang jatuh pada tanggal 7 Maret 2019.

Pawai Ogoh-Ogoh ini akan dikolaborasi dengan budaya lokal Minahasa dan asosiasi lain di Kota Manado sebagai simbol Kota Toleran. Bahkan drum band Sat Pol PP dan Paskibraka Pemkot Manado ikut ambil bagian mengawal pawai Ogoh-Ogoh.

“Barisan pembuka itu ada penampilan drum band Sat Pol PP Pemkot Manado dan barisan Paskibraka. Menampilkan penampilan budaya lokal Minahasa seperti Kabasaran. Disusul penampilan etnik lain seperti Hadra dan Barongsai. Selanjutnya disusul pawai Ogoh-Ogoh sebagai ciri khas umat Hindu,” kata Kabidembangkan Pemasaran Pariwisata (P3) Dinas Pariwsata Manado, Abdiel Bajen.

Kabag Humas Pemkot Manado Sonny Takumansang menambahkan, Rute pawai Ogoh-Ogoh mulai dari Lapangan Sparta Tikala, menuju jalan Sudirman, kemudian menuju Taman Kesatuan Bangsa (TKB), melanjutkan jalan Walanda Maramis, melanjutkan jalan Balai Kota dan finis kembali di lapangan Sparta Tikala .

“Kegiatan ini akan diawali dengan upacara keagamaan umat Hindu pada pukul 08.00 Wita di lapangan Sparta Tikala. Kemudian disambut pukul 12.00 Wita, pawai Ogoh-Ogoh dan panampilan etnis lainnya. Jangan lupa masyarakat bisa melihat langsung ivent tahunan ini sesuai dengan rutenya, “Jelas Takumansang.

Penulis: Rineke Lumentut

Leave a Reply

Your email address will not be published.