Hari Ini Positif Covid-19 Bertambah 8 Orang Menjadi 82 Pasien Positif Di Sulut

by



Manado – Sebelumnya hanya sepuluh kabupaten/kota di Sulawesi Utara (Sulut) yang memiliki pasien positif korona (Covid-19). Virus ini kini telah menyebar di dua kabupaten lagi, yakni Talaud dan Minahasa Selatan.

Sementara, cluster Gowa kembali menyumbangkan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Bumi Nyiur Melambai. Berdasarkan laporan Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada Rabu (13/5/2020) terdapat tiga pasien baru yang merupakan bagian dari cluster Gowa.

Menurut Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 Sulut, dr Steaven Dandel, dengan ketambahan delapan pasien positif baru membuat jumlah total akumulasi pasien positif Covid-19 di Sulut menjadi 82 orang.

Berikut Rincian ke-8 pasien terkonfirmasi positif yang merupakan pasien ke-75 sampai dengan pasien ke-82 di Sulut:

1. Pasien 75: Laki-laki, 41, asal Talaud, merupakan bagian dari cluster Setukpa Polri.
2. Pasien 76: Laki-laki, 17, asal Minahasa, merupakan bagian dari cluster Gowa.
3. Pasien 77: Laki-laki, 30, asal Manado, merupakan bagian dari cluster Gowa.
4. Pasien 78: Laki laki, 21, asal Minahasa, merupakan bagian dari cluster Gowa.
5. Pasien 79: Laki-laki, 44, asal Manado, memiliki riwayat kontak dengan pelaku perjalanan dari daerah terjangkit.
6. Pasien 80: Laki laki, 46, asal Minsel, tidak memiliki riwayat perjalanan dari mana pun.
7. Pasien 81: Laki-laki, 31, asal Jawa Tengah tetapi berdomisili di Minut, memiliki riwayat kontak erat dengan pelaku perjalanan dari daerah atau negara terjangkit.
8. Pasien 82: Perempuan, 7, asal Bitung, merupakan kontak erat resiko tinggi (KERT) dengan pasien ke-37, pasien ke-38 dan pasien ke-64, melengkapi kasus dalam satu keluarga.

Untuk pasien 75 yang merupakan bagian dari Cluster Setukpa Polri, Dandel membeber bahwa cluster tersebut merupakan salah satu cluster penyumbang kasus yang cukup banyak di Indonesia.

“Kasus dari Cluster ini bukan hanya ada di Sukabumi, tapi juga sampai di provinsi lainnya, sampai di Jambi dan lain sebagainya,” ungkapnya saat konferensi video bersama wartawan.

Adapun, dari total akumulasi 82 pasien positif Covid-19 di Sulut, 30 orang telah dinyatakan sembuh, lima orang dinyatakan meninggal dunia dan 47 orang masih sementara di rawat di berbagai rumah sakit yang ada di Sulut.