Hari Ini Terakhir Proses Pencairan DAK 2019 SMA/SMK Sulut

by

Manado – Tahun 2019 ini ada ratusan sekolah SMA Dan SMK baik Negeri maupun Swasta yang mendapat bantuan Dana Alokasi Khusus ( DAK ) Fisik dari Pemerintah Pusat Kemendikbud melalui Dinas Pendidikan Daerah ( Dikda ) Sulut.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, dr Grace Punuh MKes melalui Kasub Keuangan, Senita S. Kotambunan SE. ME diruang kerjanya Senin (30/12) mengatakan, hari ini Senin (30/12) adalah batas proses pencairan dan juga proses Nihil laporan Dana Alokasi Khusus (DAK) bagi SMA/SMK.

” Kami sudah mengeluarkan SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana) dan sudah diserahkan ke Bank SulutGo dan batas sampai jam 24.00 Wita ini akan ditransfer serta proses nihil pun batas jam 24.00 Wita malam ini juga,” ungkap dia.

Kata Senita, memang dana DAK 2019 ini yang terakhir adalah tahap 3 dengan besaran anggaran yakni Rp 170 Miliar lebih.

” Memang tidak serentak sekolah yang cair ditransfer kerekening mereka yaitu ada yang dicairkan tanggal 24, ada juga tanggal 27 sudah cair,” ungkap Senita.

Dia berharap agar para Kepsek bersabar menunggu karena dananya tetap akan dicaikan pada hari ini dan diminta para Kepsek yang sudah cair secepatnya membuat laporan Nihilnya karena batasnya pada hari ini.

Dalam pantauan, terlihat sejumlah Kepsek SMA/SMK Sulut datang ke Dinas Pendidikan Daerah Sulut dikarenakan DAK mereka ada yang belum masuk kerekening sekolah atau ditransfer pihak Bank SulutGo.