Harumkan Sulut, Karya Lance Jacob Masuk Pantun Mutiara Budaya Indonesia

by

Manado, Kabarmanado.com – Saat situasi masa pandemi Covid-19 saat ini, Lance Jacob S.Pd M.Pd guru Bahasa Indonesia di SMK Negeri 3 Manado mampu mengharumkan nama baik Sulut di tingkat nasional di bidang sastra, Kamis (04/02/2021).

Dia bisa berhasil mengantarkan 6 karya pantunnya masuk dalam buku Kumpulan Pantun Mutiara Budaya Indonesia yang digagas oleh perkumpulan rumah seni asnur (ASNUR).Dari 600 peserta yang terpilih hanya ada 362 guru dari 34 provinsi yang lolos seleksi.

“Hasil yang saya buat sendiri menjadi kebanggaan yang sangat luarbiasa bagi saya apalagi mewakili Sulut ke-tingkat Nasional dengan menghasilkan sebuah buku Pantun Mutiara Budaya Indonesia,”Katanya.

Ditambahkannya, proses seleksi hasil karya agar bisa terpilih dan masuk dalam buku tersebut sangatlah ketat.

“Saya sangat bersyukur pada Tuhan dan Kepala SMKN 3 Manado Dra Asyura hulinggi, MM serta teman – teman guru dan keluarga saya yang selalu mendukung selama proses seleksi dan akhirnya bisa lolos seleksi,”ungkap Lance.

Dijelaskannya, ini dalam rangka mendukung program pemerintah menggerakkan dunia literasi, mengangkat potensi budaya dan pariwisata daerah sebagai kekuatan budaya nasional dan melestarikan, mengembangkan pantun sebagai kekayaan budaya asli yang adiluhung dari sastra lisan menjadi sastra tulisan dan mengembangkan dalam bentuk digital,

“Karya saya bermuatan lokal dengan termotivasi melihat keindahan dan keunikan dari budaya khususnya sangihe,”Kata Lance.

Kata dia, proses seleksi telah diikuti sejak masa pandemi Covid-19 Bulan Juli – Oktober 2020 dengan diikuti secara daring dan Desember 2020 telah mendapatkan sertifikat dan bukunya.

“Proses pembuatan ini membutuhkan waktu karena harus padu dengan sampiran dan isi baru bisa dikategorikan itu pantun,”Ungkap Lance.

Ada pun hasil karya yang dihasilkan yakni :
1. Masamper
2. Adat Tulude
3. Pakaian Adat Sangihe
4. Gunung Berapi Bawah Laut
5. Makanan Sagu Bakar
6. Nusa Utara Pulau Yang Menawan

Penulis : Julkifli Madina

tenor