Helmy Koagouw Bicara tentang Dampak Pertukaran Kepsek

oleh -1.091 views
Kepala SD Negeri 43 Manado, Helmy Koagouw SPd

Manado – Upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk meningkatkan pemerataan mutu pendidikan di Indonesia adalah sangat tepat. Dan Program Pertukaran Kepala Sekolah memang adalah solusinya.

Menurut Kepala SD Negeri 43 Manado, Helmy Koagouw SPd, dalam program tersebut sekolahnya menjadi sekolah Mitra. “Sebagai sekolah mitra kami bekerjasama dengan dua sekolah imbas dari Kabupaten Kepulauan Sangihe yaitu dari SD Inpres Apengsembeka  dan SDN Hesang Tamako,” ujarnya.

Helmy mengatakan, sebelumnya dua sekolah imbas telah datang berkunjung ke sekolahnya dan setelah itu sekolah mitra juga telah berkunjung ke sekolah imbas. “Selama tujuh hari, dua orang kepala sekolah imbas telah datang magang di tempat kepala sekolah mitra dan mereka sudah melakukannya,” ungkap dia.

Lanjut Koagouw, selama berada di sekolahnya, sekolah imbas telah mempelajari tiga hal utama dari tugasnya sebagai kepala sekolah, yaitu manajerial, supervisi, dan kewirausahaan.

Selesai dari magang, kata Helmy, sekolah imbas telah mengikuti lokakarya ke- 2 selama tiga hari dan balik ke sekolahnya masing – masing. Untuk implementasinya, sekolah mitra mendampingi sekolah imbas selama tujuh hari di sekolah mereka dengan menerapkan apa yang telah dipelajari sebelumnya. Seperti metode adopsi, adaptasi, dan pengembangan, selanjutnya pendampingan dilanjutkan secara daring. “Kami sekolah mitra diundang memaparkan hasil seleksi berdasarkan capaian dalam penerapan Kurikulum 2013, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), dan Indeks Integritas Ujian Nasional atau IIUN di sekolahnya,” katanya.

Menurut dia, program itu merupakan bagian implementasi dari nawacita nomor tiga dan lima yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dan meningkatkan kualitas hidup manusia melalui peningkatan kualitas pendidikan. “Berkunjung ke dua sekolah Imbas di Kabupaten Sangihe selama 5 hari kami sekolah mitra wajib membuat laporan dengan hasil – hasilnya disampaikan ke Kemendikbud RI,” ujar Helmy.

Helmy Mengatakan, banyak hal yang didapat dari hasil kunjungan ke sekolah imbas yaitu kekurangan yang ada disekolah tersebut khususnya masalah buku yang perlu diperhatikan pemerintah.

 

Penulis:Zulkifli Madina

tenor

10 thoughts on “Helmy Koagouw Bicara tentang Dampak Pertukaran Kepsek

  1. 601619 412895Depending on yourself to make the decisions can genuinely be upsetting and frustrating. It takes years to build confidence. Frankly it takes far more than just happening to happen. 563062

  2. 558194 236049An fascinating discussion may possibly be valued at comment. I do believe that you just write read much more about this subject, it may well not often be a taboo topic but normally persons are too couple of to dicuss on such topics. To a higher. Cheers 709731

  3. 797661 575462I dont feel Ive scan anything like this before. So great to find somebody with some original thoughts on this topic. thank for starting this up. This web site is something that is necessary on the internet, someone with a bit originality. Very good job for bringing something new to the internet! 805284

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.