ICA Bersama Menteri KKP Bersihkan Pantai di Bitung

by
Sejumlah Pengurus ICA Sulut, Bitung dan Minahasa di Kota Bitung. (Foto: Drevy Malalantang)

Bitung – Indonesia Chef Association (ICA)  Sulut bekerjasama dengan Froggies Dive Resort dan Stiepar Manado, turut berpartisipasi dalam kegiatan bersejarah bersih laut yang dilaksanakan di sepanjang pesisir kota Bitung bersama Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada Minggu (19/08/2018).

Kegiatan merupakan rangkaian peringatan HUT ke 73 RI. Bersih-bersih pantai dan gerakan menghadap laut di 73 titik sepanjang pesisir di pantai seluruh Indonesia pada tanggal 19 Agustus 2018, yang berlokasi di Pelelangan kota Bitung yang dihadiri langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI Pudjiastuti.

Gerakan menghadap ke laut dipimpin oleh Menteri KKP RI Susi Pudjiastuti ditandai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia  Raya, dan menyanyikan  lagu “Padamu Negeri”, yang dinyanyikan oleh seluruh peserta yang berjumlah lebih dari 500 orang dari berbagai instañsi, komunitas, asosiasi, masyarakat pencinta laut.

Kegiatan ini juga dilakukan di lima lokasi di Indonesia dengan live video converence yang melaksanakan gerakan menghadap ke laut  dan bersih-bersih pantai yakni di Aceh, Kerawang, kota Sorong, Jakarta  dan kota Bitung.

Dalam sambutanya Menteri Susi berpesan agar semua masyarakat dan stakeholder terus menjaga dan mencintai laut karena laut adalah masa depan bangsa.

Sementara itu, Drevy Malalantang selaku sekretaris BPD ICA Sulawesi Utara mengatakan, keikutsertaan ICA di kegiatan itu adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dan menjaga kebersihan laut. Selain itu juga melestarikan berbagai biota laut di wilayah Sulut dan Indonesia. “Kegiatan ini diikuti oleh beberapa pengurus cabang ICA seperti Bitung, Minahasa dan Minahasa Utara,” ujar Malalantang.

Menurut Malalantang, hadirnya ICA Sulut yang turut berpartipasi bersama merupakan moment bersejarah bagi ICA Sulut dan tentunya bagi masyarakat di kota Bitung, karena bersih pantai dan laut berarti kita turut menyelamatkan biota laut untuk masa depan bangsa.

“Karena sektor kelautan dan perikanan merupakan salah satu faktor yang dapat menunjang pendapatan ekonomi masyarakat,” terang Malalantang, Minggu (19/8/2018).

 

Penulis: Ishak Kusrant

tenor

Leave a Reply

Your email address will not be published.