Ini Ajakan Nadine Chandrawinata untuk Masyarakat Sulut

by
Kedatangan Nadine yang juga pendiri Seasoldier Indonesia ini bertujuan untuk melakukan aksi nyata yang dapat menyelamatkan lingkungan Indonesia ini. (Foto: Zulkifli Madina)

Manado- Nadine Chandrawinata artis yang juga mantan Putri Indonesia ini, melakukan kunjungannya di Sulawesi Utara yaitu di taman laut bunaken pada Minggu (07/10/2018 ).

Kedatangan Nadine yang juga pendiri Seasoldier Indonesia ini bertujuan untuk melakukan aksi nyata yang dapat menyelamatkan lingkungan Indonesia ini. Dia datang untuk melihat langsung populasi ikan lumba – lumba yang masih ada di perairan Pulau Bunaken, Siladen dan Naen. “Aku bantu dari seasoldier Manado untuk angkat dolphin atau lumba – lumba. Karena di Manado masih banyak dan bisa ditemui dan ini perlu dijaga jangan sampai ditangkap untuk dijual pada tempat sirkus,” ujarnya.

Perempuan blasteran Indonesia-Jerman ini mengajak agar masyarakat Indonesia khususnya di Sulut agar bisa menjaga dan melestarikan lumba – lumba jangan sampai hilang.

Kata Nadine, Seasoldier sudah jalan sejak 2015 dan di Sulut sudah ada 60-an anggota. Perkumpulan itu mencoba mengajak anak-anak muda untuk lebih mencintai, melestarikan dan melindungi lingkungan di mana pun berada.

Pengendali Ekosistem Hutan Taman Nasional Bunaken, Yuyun Saeful mengungkapkan, lumba-lumba yang ada di Bunaken sampai saat ini masih dapat dijaga dan berjenis hidung botol. “Perairan Tongkaina, Pulau Nain, Bunaken dan Manado Tua menjadi lintasan lumba-lumba,” ujarnya.

Kata dia, ciri-ciri lumba-lumba hidung botol berwarna abu-abu gelap di bagian atas dekat sirip punggung ke abu-abu muda dan keputih-putihan di bagian bawah.

Lumba-lumba hidung botol dewasa mempunyai panjang antara 2 hingga 4 meter dan berat dari 150 hingga 650 kilogram.

 

Penulis: Zulkifli Madina

tenor

3 thoughts on “Ini Ajakan Nadine Chandrawinata untuk Masyarakat Sulut

Leave a Reply

Your email address will not be published.