Ini Harapan Kadis Punuh Pada Siswa Yang Ikut KSN Tingkat Kota Manado

by

Manado – Kompetisi Sains Nasional (KSN) dilaksanakan serentak di Kabupaten/Kota di Provinsi Sulut pada Senin (10/03).

KSN tingkat Kota Manado dilaksanakan di SMA Negeri 7 Manado yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, dr Grace L Punuh, MKes didampingi Kepala Bidang pembinaan SMA, Artur Tumipa, MEd, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kota Manado, Drs Meidy Tungkagi, M.Si serta sejumlah kepala SMA dan pengawas.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulut, Grace Punuh mengatakan, ajang bergengsi ini di harapkan mampu meningkatkan kompetensi sains dan ini untuk pemetaan mencari siswa berbakat.

” Saya mengapresiasi MKKS SMA kota Manado yang memotori pelaksanaan ini dan bisa berjalan sukses dan mereka begitu peduli akan kompetisi ini dan pendaftaran ini dibuka secara online dan peserta mampu  bersaing dengan siswa lainya,” kata Punuh.

Lanjut Punuh, bagi para juara nanti akan bersaing ke tingkat Provinsi dan dia berharap dalam kompetisi ini berjalan sehat dan murni.

” Tunjukan ptestasi dan bersaing sehat dalan kompetisi di setiap mata pelajaran baik Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, Geografi dan Informatika,” kata dia.

Dijelaskan Punuh, Kompetisi ini sistemnya adalah rangking sehingga dapat diperebutkan dari kabupaten/kota dan ini ada penandatangan pakta intgritas, agar pelaksanaan ini berjalan secara jujur dan meraih hasil yang terbaik.

” KSN diselenggarakan dengan tujuan untuk memfasilitasi bakat, minat, dan prestasi peserta didik di bidang sains dan Kompetisi Sains diharapkan mampu membentu siswa berprestasi yang jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh, dan cinta tanah air,” kata Punuh.

Kata dia, Dikda sangat mendukung apa yang dilakukan MKKS SMA Kota Manado khususnya untuk menyiapkan siswa ikut dalam KSN dan menyelengarakannya karena ini sangat berguna untuk masa depan anak didik nantinya.

Sementara menurut tuan rumah Kepala SMAN 7 Manado, Marlina Katihokang menyampaikan, Sekolahnya bersyukur bisa menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan KSN tingkat Kota Manado.

” Kami menyiapkan 26 ruangan kelas yang dipakai para peserta KSN,” ungkap Katihokang.

Diketahui, dalam pelaksanaan KSN diikuti 30 SMA Se-Kota Manado dengan jumlah peserta 440 siswa-siswi. Sedangkan utusan SMAN 9  Manado  menurunkan 86 peserta, SMAN 1 Manado berjumlah 65  peserta di susul SMA Kristen Eben Haezer Manado berjumlah 38 peserta dan SMAN 7 Manado berjumlah 18 peserta dan SMAN 8 Manado 23 peserta.

Kompetisi Sains Nasional (KSN) untuk tahun 2020 yang akan dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional dan untuk tingkat nasionalnya akan diselenggarakan di Provinsi Bangka Belitung.