Ini Hasil Lomba Desain Kain Batik Daerah

oleh -498 views
Kadis Kebudayaan Daerah Sulut, Ferry Sangian menyerahkan hadiah kepada Putri Pinontoan, siswa dari SMPN 14 Manado yang mendapat Juara 5.

Manado – Pada pameran kain khas daerah 2018 oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara di Multi Mart Megamas Manado sejak 11- 14 Desember 2018, digelar juga lomba menggambar desain motif batik daerah Sulut. Lomba tersebut diikuti puluhan peserta dari para Siswa dan siswi di Sulut, baik tingkat SMP dan SMA/SMK.

Kepala Dinas Kebudayaan Daerah Sulut, Ferry Sangian SSos MAP usai menyerahkan hadiah kepada para pemenang menyampaikan, apa yang telah didesain melalui lomba menggambar desain motif batik daerah Sulut adalah sangat membanggakan. “Walaupun baru berusia belasan tahun, tetapi kemampuan mereka dalam mendesain motif gambar batik daerah sangatlah bagus dan menarik,” ujarnya.

Menurut Sangian, kreasi batik dari para siswa akan ditawarkan kepada para pembuat batik di daerah ini dan gambar mereka menjadi aset bagi Dinas Kebudayan. “Setiap tahun even seperti ini akan kami laksanakan dan ini akan menjadi kalender tahunan,” jelasnya.

Lanjut dia, para pelajar itu adalah generasi penerus bangsa dalam mengembangkan dan melestarikan kain batik daerah dan menjadi modal bagi pengembangan batik.
Enoch Saul, salah satu tim juri dalam lomba desain menggambar kain batik khas daerah Sulut menjelaskan, lomba sudah dilaksanakan sejak Kamis 13-14 Desember 2018 dengan diikuti puluhan peserta. ‚ÄúDari puluhan peserta hanya 5 orang yang dipilih diberikan penghargaan berupa hadiah,” ungkap Saul yang juga Kepala SMPN 14 Manado ini.

Kata dia, penilaian juri mengacu pada beberapa kriteria yaitu gagasan, unsur motif menampilkan Daerah Sulut yaitu mengangkat potensi laut atau alam, konsep estetika, dan simplikasi.

Dari hasil tersebut Kata Saul hanya 5 orang yang dipilih sebagai pemenang yaitu Juara 1, Elenora Saumuri nilai 389, Juara 2 Timbang Nusa Tuhimbang nilai 378, Juara 3 Patrisia Sahante nilai 367, Juara 4 Gabrina Sibanka nilai 360 dan Juara 5 Putri Pinontoan dengan nilai 350.

Putri Pinontoan, salah satu peserta lomba menggambar desain motif batik daerah Sulut ini mengungkapkan, dirinya sangat senang bisa berpartisipasi dalam lomba tersebut. “Saya baru kali ini mengikuti lomba menggambar motif batik, apalagi batik daerah Sulut,” kata dia.

Lanjut Putri, dirinya merasa bangga bisa melahirkan motif batik dengan gambar daun kelapa dan ini adalah produk unggulan daerah Sulut. “Saya berharap tahun depan bisa mengikuti lagi lomba batik dan optimis bisa meraih juara lebih baik,” harapnya.

Penulis: Zulkifli Madina

tenor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.