Ini Jawaban Gubernur Olly Terkait Jaminan Pembayaran Gaji THL Di Dikda Sulut

by



Manado – Belum lama ini Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Utara mengadakan rapat dengar pendapat dengan Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut terkait pembayaran gaji kepada ribuan Tenaga Harian Lepas (THL) di Dikda Sulut.

Dimana para THL terancam tak akan terima gaji pada bulan Juli hingga Desember 2020 ini karena sudah tidak ada anggaran lagi.

Diketahui, Dikda sudah menganggarkan gaji THL sejak Januari hingga Juni dalam APBD induk. Namun masih membutuhkan sekira Rp 52,074 miliar. Di mana setiap bulan 2.630 THL ini digaji Rp 3,3 juta.

Menanggapi persoalan ini, Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang didampingi Sekprov, Edwin Silangen, Asisten 1 Edison Humiang dan Kadis Dikda Sulut, dr Grace Punuh MKes saat jumpa pers bersama para jurnalis pendidikan usai meresmikan proyek DAK Fisik 2019 di SMAN 3 Manado pada Kamis (18/06) menyampaikan, gaji THL tetap akan dibayarkan hingga Desember 2020.

” Kami Pemprov tetap akan membayarkan gaji THL khususnya di Dikda Sulut dan akan dianggarkan pada APBD Perubahan,” ungkap Gubernur Olly.

Kata Olly, Pemprov tidak akan membiarkan para THL yang sudah bekerja dengan tidak memberikan gaji mereka.

” Gaji adalah hak mereka yang wajib kita bayar dan jangan satupun para THL tidak diberikan gaji,” tegas Olly.

Dijelaskan Olly, para THL teruslah bekerja dan jangan abaikan kewajiban kalian dan tunjukkan kinerja terbaik kalian.