Ini SLB Trikorah Indah Bitung di Lembe Sebagai Sekolah penggerak Tahun 2021 di Sulut

by

Bitung, Kabarmanado.com – Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi dan karakter yang dimulai dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program dilakukan secara bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak.

Perubahan kebijakan reformasi pendidikan di Indonesia tak bisa sukses tanpa ada perubahan di dalam sekolah.

Perubahan di sekolah bisa dimulai dari sekolah-sekolah penggerak yang bisa menjadi contoh dalam kegiatan pembelajaran.

Satu konsep sekolah penggerak. Sekolah penggerak adalah sekolah yang dapat menggerakkan sekolah-sekolah lain dan Sekolah penggerak bisa menjadi panutan, tempat pelatihan, dan juga inspirasi bagi guru-guru dan kepala sekolah lainnya.

Dalam sekolah penggerak, guru memberikan pelajaran tak hanya satu arah, melainkan suatu berbagai aktivitas yang menyenangkan yang memuat kompetensi-kompetensi bernalar kritis, kolaborasi, dan kreatif.

Sekolah penggerak banyak tanya, banyak coba, dan banyak karya dan memiliki kepala sekolah yang mengerti proses pembelajaran siswa dan mampu mengembangkan guru

Sekolah penggerak adalah sekolah yang memiliki kepala sekolah yang tak hanya bisa mengatur operasional suatu sekolah, melainkan juga bisa mengerti proses pembelajaran siswa dan menjadi mentor untuk guru-guru di sekolah.

Sekolah penggerak memiliki guru yang berpihak kepada anak. Sekolah penggerak memiliki guru yang mengerti bahwa setiap anak berbeda dan memiliki cara pengajaran yang berbeda.

Program Sekolah penggerak untuk PAUD, SD, SMP, SMA, SLB di Indonesia Tahun 2021 ada 2500 Sekolah yang terpilih dan salah satunya adalah SLB Trikora Indah Bitung yang berlokasi di Pulau Lembe.

Kepala SLB Trikora Indah Bitung, Siti Aisa Tanang, S.Pd, M.Pd saat ditemui di Sekolahnya pada Senin (21/06) menyampaikan, berkat kerja keras dan motivasi serta dukungan para guru Sekolahnya mampu terpilih menjadi Sekolah penggerak.

“Kami sangat bersyukur bisa lolos seleksi sebagai Sekolah penggerak mewakili SLB di Kota Bitung,”ungkapnya.

Kata dia, semua persyaratan telah dipenuhi dan sekarang sudah mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) selama 10 hari secara daring.(Kifli).

tenor