Ini Tanggapan Para Kepsek Terkait Seniman Masuk Sekolah

oleh -741 views

Manado- Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyelenggarakan kegiatan Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) Tahun 2018. Apa tanggapan para kepsek ?

Dra Sherly Kalangi MSi, Kepala SMAN 1 Manado yang juga mendapatkan program tersebut mengungkapkan, sekolahnya mendapatkan pengembangan seni musik atau choir yang akan diajarkan pelatih seniman yang profesional. “Selama 4 bulan mereka akan mengajar dan melatih di sekolah kami dan ini sangatlah bagus sekali apalagi melatih para siswa hingga bisa menjadi kelompok paduan suara yang profesional,” ujar Kalangi.

Dia berharap para siswa bisa menjadi kelompok paduan suara yang siap berlomba ke tingkat nasional dan internasional.

Kepala SMA Negeri 2 Tomohon, Royke PN Rau SPd MPd mengatakan, sekolahnya terpilih untuk kesenian tarian maengket. “Kami sangat bersyukur bisa terpilih dan ini menjadi motivasi kami untuk lebih bangkit meningkatkan dunia seni di sekolah khususnya tarian asli daerah tarian maengket,” ungkap Rau.

Rau mengatakan, kelompok tarian maengket di sekolahnya pernah meraih juara tingkat Provinsi Sulut dan berharap dengan adanya pelatih seni yang profesional tarian maengketnya bisa lolos ke tingkat nasional. “Gerakan Seniman Masuk Sekolah sangatlah menguntungkan dan mereka bisa menggali dan melatih bakat para siswa dan ini tentunya turut melestarikan budaya asli daerah. Karena sekarang siswa sudah banyak terpengaruh dengan budaya asing dan melupakan budaya daerah,” cetusnya.

Robyn Koloway, Kepala SMK Negeri 2 Manado juga merasa senang dengan adanya program GSMS karena ini bisa mengangkat bakat siswa dan nama baik sekolah. “Kami di sekolah mendapatkan seni musik atau band dan akan membuat group band dari para siswa,” jelas Koloway.

Dia mengatakan, SMKN 2 Manado sudah memiliki dua alat band yang lengkap dan tinggal menunggu siswa yang akan dilatih para seniman untuk menggunakannya.

Dengan adanya para seniman yang akan melatih mereka, dia berharap para siwa menjadi pemain band profesional dan bisa ikut lomba band sehingga bisa juara dan mengharumkan nama baik sekolah.

 

Penulis : Zulkifli Madina

tenor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.