Ini Yang Dilakukan Tim LPPM Unsrat Di SMA N 1 Airmadidi

by

Tim PKM LPPM memberikan pelatihan kepada kelompok siswa tentang cara pembuatan pupuk organic cair (POC).(Foto Istimewah).

Manado – Universitas Sam Ratulangi Manado melalui tim PKM LPPM melaksanakan pengabdian masyarakat kepada siswa SMA Negeri 1 Airmadidi di Kabupaten Minahasa Utara.

Ketua tim pengabdian Prof . Dr. Ir. Jeanne M. Paulus, MS mengatakan, kegiatan pengabdian
dilaksanakan secara daring yang pesertanya adalah pelajar. Dengan topik PKM tentang “Pembuatan Pupuk Organik Cair dari Bahan Sampah Pasar”.

“Karena masih pandemi Covid 19 maka kami pun melaksanakan secara daring. Namun kegiatannya berjalan aktif, “jelas Dosen Fakultas Pertanian Unsrat ini.

Prof Jeanne pun menjelaskan tujuan utama PKM ini adalah
memberikan pelatihan kepada kelompok siswa tentang cara pembuatan pupuk organic cair (POC) dari bahan sampah pasar/sampah dapur dan cara aplikasinya pada tanaman pekarangan (tanaman sayuran, tanaman rempah dan obat, dan tanaman hias).

”Pembuatannya sangat sederhana dan ini mereka bisa kerjakan di rumah bersama keluarga, “terangnya didampingi anggota tim Ir Diane Tiwow, MS.

PKM yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Airmadidi Kamis (8/10) kemarin (kata Jeanne, diikuti oleh 50 pelajar dan beberapa guru.

“Peserta/siswa sangat antusias mengikuti kegiatan PKM terlihat dari respon siswa dan guru yang menyampaikan banyak pertanyaan kepada pemateri.Seperti bagaimana kriteria untuk menentukan bahwa POC yang dibuat itu berhasil, berapa lama daya simpan POC, bagaimana pengaruh pemberian POC pada tanaman, dan lain-lain,”terangnya.

Meskipun dilaksanakan virtual kata Jeanne tapi sangat berhasil. “Saya mengharapkan siswa dapat mempraktekkan pembuatan POC di rumah masing-masing dengan memanfaatkan sampah organik (sampah pasar dan sampah dapur) . Untuk diolah menjadi pupuk organic cair (POC) sebagai sumber nutrisi untuk pertumbuhan tanaman,”tambahnya.

Sementara salah satu siswa Juleita Jusuf sangat berterimakasih kepada para tim PKM LPPM Unsrat.

“Kami sangat berterimakasih karena ada ilmu baru yang bisa dipraktekan langsung di rumah.

Apalagi ini lagi musim bunga maka pupuk cair sangat bermanfaat, “tandasnya.