Inovasi PT Pegadaian (Persero) di Hari Jadi ke-118

by
Pemotongan tumpeng oleh Pimpinan Kantor Kanwil PT Pegadaian V Manado.

Manado – PT Pegadaian (persero) merayakan ulang tahun ke 118. Perayaan itu juga dilakukan di Kanwil Pegadaian V Manado yang dipimpin Zulfan Adam.

Kegiatan memperingati lebih dari satu abad keberadaan Pegadaian itu ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Zulfan Adam. “Di usianya yang sudah lebih dari satu abad itu, Pegadaian terus melakukan inovasi dan berbagai pengembangan untuk melayani masyarakat,” ujarnya.

Perayaan yang sama juga dilakukan di Kantor Pusat PT Pegadaian (persero), Jl Kramat Raya, Kenari, Senen, Jakarta Pusat, Senin (01/04/2019). Acara tersebut dimeriahkan oleh jajaran direksi dan ribuan pegawai Pegadaian se-Jabodetabek dan diawali dengan upacara pada pukul 08.00 WIB yang dipandu oleh Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto.

Dalam sambutannya, Kuswiyoto menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh jajaran yang ada di Pegadaian. Karena telah bekerja dengan maksimal, sehingga dapat mencatatkan pendapatan perseroan tumbuh positif. Sehingga, ke depan semua jajaran dan Karyawan perseroan harus siap bekerja dengan penuh kesungguhan dan kemauan lebih kreatif menuju peran dan era baru pegadaian di era digital.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh karyawan, manajemen, jajaran Direksi, serta Dewan

Komisaris, yang telah bersama-sama membangun, merawat dan membesarkan Pegadaian hingga mencapai usia sekarang ini,” ujar Kuswiyoto sambil menambahkan, kerja keras itu menunjukan hasil yang positip yang ditandai dengan laba bersih Rp 2,77 triliun.

Kuswiyoto menjelaskan, di tahun 2018 Pegadaian dapat berkontribusi kepada pembangunan di Indonesia dengan menyetorkan pajak sebesar Rp1,441 triliun dan Dividen Rp 1,005 triliun. Menurutnya, hal tersebut merupakan pencapaian yang membanggakan bagi seluruh jajaran Pegadaian, akan tetapi semua karyawan Pegadaian diminta untuk tetap giat dalam melakukan pekerjaan. Sehingga dapat menghasilkan kinerja Pegadaian lebih meningkat lagi.  “Untuk itu saya mengajak saudara-saudaraku semua untuk menjadi lebih muda kembali di usia ke 118 atau setelah melampui satu abad, dan bekerja tidak lagi biasa-biasa saja sekedar melakukan program kerja. Tetapi semua memiliki semangat baru dalam bekerja, kita semua harus lebih cerdas, gesit dan lincah dalam bekerja dan berperan dengan memberikan kontribusi terbaik bagi Pegadaian,” ujar dia.

Sementara itu, Kuswiyoto menyatakan Pegadaian akan terus melakukan inovasi produk dan system layanan secara online (digital) untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Bukan hanya fasilitas layanan saja

yang ditingkatkan, tetapi juga menciptakan berbagai produk baru digital yang akan diluncurkan pada tahun ini.

Kuswiyoto menjelaskan dalam waktu dekat ini akan segera meluncurkan beberapa produk baru, di antaranya adalah Gadai on Demand yang merupakan program Pegadaian untuk membantu masyarakat agar lebih mudah untuk mengakses layanan perseroan kepada nasabah. Program tersebut akan bekerjasama dengan perusahaan besar berbasis layanan digital. “Di sisi lain, Manajemen terus mendorong inovasi dengan menciptakan produk baru yang akan dilaunching tanggal 28 April di acara puncak perayaan HUT. Ini adalah cara menambah nasabah dan size bisnis kita,” ujarnya.

Dia menambahkan, cara lain adalah menjadikan semuanya adalah marketer, melibatkan para istri/suami dan keluarga besar untuk aktif menjadi agen penjualan, ikut men-sukseskan program Employee Get Customer. Di mana kegiatan kegiatan itulah yang benar-benar aksi nyata menambah jumlah nasabah. “Ini sebagai penghargaan dan terima kasih kami, maka yang memperoleh poin paling besar, mendapat kesempatan wisata ke Eropa, dan hadiah menarik lainnya,”ujar Kuswiyoto.

Menurut Kuswiyoto, pengembangan saluran distribusi melalui sistem keagenan maupun digital harus terus ditumbuh kembangkan agar masyarakat semakin memperoleh kemudahan dalam mengakses produk dan layanan Pegadaian. “Sehingga membuat Pegadaian semakin dekat dengan masyarakat, karena adanya kecepatan dalam proses pelayanan,” ujarnya.

 

Penulis: Yoseph E Ikanubun

Editor: Yoseph E Ikanubun

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.