Jambore Jurnalistik Lingkungan di Sulut Akan Digelar Dengan Perketat Prokes

oleh -173 views

Manado, Kabarmanado.com – Jambore Jurnalistik Lingkungan pertama di Provinsi Sulawesi Utara siap digelar dengan perketat protokol kesehatan Covid-19.

Jambore ini untuk memeriahkan rangkaian kegiatan jurnalis pemula, mahasiswa dan para aktivis lingkungan di akhir tahun 2021.

The Society of Environmental Journalists (SIEJ) selaku penggagas memastikan kegiatan tersebut berlangsung pada 26-28 November 2021 yang berlokasi di Ketama Part Adventure Tondano Minahasa dan dimasa pandemi ini para peserta pun hanya terbatas.

“Kegiatan yang merupakan program tahunan SIEJ dalam upaya memberikan penyegaran dan motivasi kepada para jurnalis, mahasiswa dan aktivis lingkungan untuk tetap konsisten mengawal isu-isu perubahan iklim dan kerusakan lingkungan dilaksanakan di alam terbuka dan para peserta wajib di rapid test antigen pencegahan Covid-19,” ujar Koordinator SIEJ Simpul Sulawesi Utara, Finda Muhtar Rabu (24/11/21).

Kata Finda, untuk menghindari kerumunan kegiatan hanya diikuti 30 peserta perwakilan dari berbagai organisasi lingkungan dan media.

“Pada saat kegiatan selain wajib di rapid test antigen covid-19, juga peserta wajib memakai masker, menjaga jarak, dan akan diberikan handsanitaizer,”jelas Finda.

Jadi di dalamnya kata Finda Pemimpin Redaksi (Pemred) BeritaManado.com ini, peserta lebih banyak didorong untuk berinteraksi dengan alam, karena memang digelar di alam terbuka.

Sementara itu, Mochammad Irzal selaku Ketua Panitia Pelaksana berharap kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik.

“Jadi kegiatan sudah siap dilaksanakan dan para peserta akan banyak ilmu yang akan didapat saat kegiatan yakni mereka akan dibekali belajar teknik fotografi, rescue, videografi dan belajar jurnalis lingkungan,” jelasnya.

SIEJ sendiri merupakan organisasi llingkungan pertama dan satu-satunya di Indonesia yang keanggotaanya merupakan Jurnalis yang tersebar di seluruh Kota.

Diketahui, SIEJ dideklarasikan oleh 45 Jurnalis Indonesia di Tepi Taman Nasional Gunung Leuser Sumatera Utara pada tahun 2006, selanjutnya SIEJ Sulawesi Utara dibentuk pada tahun 2014 dimana Agustinus Hari, Pemred Barta1.com dipercaya sebagai koordinator Simpul Sulut pertama.

Penulis : Julkifli Madina

tenor

No More Posts Available.

No more pages to load.