Jual Motor Kredit Paputungan Divonis 6 Bulan Penjara

by
Foto: Ketua Majelis Hakim membacakan Vonis 6 Bulan Penjara kepada terdakwa di PN Manado.

Manado – Terdakwa penjual motor kredit Dwiyanti Paputungan divonis 6 Bulan Penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Manado yang di pimpin oleh Ketua Halima Umaternate SH MH.

Dalam dakwaan JPU yang dibacakan oleh Hakim Halima, Paputungan secara sah dan meyakinkan terbukti telah menjual motor yang masih dalam proses kredit kepada orang lain tanpa pemberitahuan dan tidak diketahui oleh Kreditur FIF, sehingga perbuatan terdakwa diancam pidana sebagaimana tersebut dalam pasal 36 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 42 tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia Jo pasal 56 ke-1.

“Menjatuhkan pidana selama 6 Bulan penjara, di potong masa tahanan selama terdakwa ditahan dan memerintahkan kepada terdakwa untuk tetap di tahan,” tegas Hakim Halima pada Selasa (16/4/2019) yang disaksikan kuasa hukum terdakwa dan Jaksa Penuntut Umum.

Seperti diketahui kasus ini bermula saat Paputungan melakukan kredit motor Jenis CBR 150 warna merah dengan nomor Polisi DB 5119 M, kemudian sebelum habis masa kredit terdakwa sudah menjual motor tersebut kepada makelar seharga 5 Juta Rupiah pada bulan April 2018, sehingga pihak FIFGROUP mengalami kerugian sekitar Rp.34.430.000.

Kepala Cabang FIFGROUP Manado Yohanis Batara Randa menghinbau agar seluruh konsumen bisa melakukan pembayaran angsuran kredit motor tepat waktu sehingga tidak terjadi hal yang merugikan konsumen. Pihaknya juga meminta konsumen agar tidak melakukan perbuatan melanggar hukum seperti yang dilakukan oleh terdakwa, agar tidak bernasib seperti kasus Fidusia lainnya yang sudah terjadi sebelumnya.

“Kami akan menindak tegas pelaku penjual motor kredit, dan melaporkan kepada pihak kepolisian jika ada konsumen memindah tangankan motor kepada pihak lain tanpa persetujuan dari FIFGROUP,” tegas Yohanis.

Editor: Ishak Kusrant

tenor

Leave a Reply

Your email address will not be published.