Jumat Besok, Mendikbud Rencana Tutup OSN SMA di Manado

by
Foto : Suasana Pembukana OSN (istimewa)

Manado – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara menjadi lokasi ivent Olimpiade Sains Nasional (OSN) ke-18 tingkat SMA 2019 yang digelar sejak Tanggal 30 Juni – 6 Juli 2019.

OSN SMA ke-18 Tahun 2019 kemarin Senin (1/7/2019) dibuka  Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, SE yang didampingi Sekjend Kemendikbud, Didik Suhardi di GKIC Novotel Manado dan pada penutupan Jumat (5/7/2019) di Gedung Mapalus Kantor Gubernur direncanakan oleh Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy.

OSN SMA di Sulut berlangsung di 3 Kabupaten Kota yang tersebar di 6 Sekolah yakni kota Manado SMKN 1 Manado, SMKN 2 Manado, SMAN 1 Manado dan SMAN 9 Manado serta Kabupaten Minahasa Utara MIS dan Kota Tomohon di SMA Lokon.

Foto: Peserta OSN Nasional.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, dr Grace Punuh MKes mengatakan, OSN Sekolah Menengah Atas (SMA) Tahun 2019 di Sulut diikuti 685 peserta dari 34 Provinsi di Indonesia dan sampai hari terakhir telah sukses digelar.

“Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah merupakan siswa – siswi terpilih yang telah mengikuti seleksi di tingkat Provinsi Olimpiade Sains Provinsi (OSP) yang dilaksanakan pada 9-11 April 2019 lalu,” jelas Punuh.

Lanjut Punuh, pelaksaaan lomba di Sulut berlangsung di beberapa tempat yaitu Manado Independent School (bidang matematika dan
astronomi), SMAN 9 (bidang fisika), SMAN 1 (bidang kimia), SMA Katolik Rex Mundi (bidang informatika), SMA Kristen Eben Haezar (bidang biologi), SMKN 2 (bidang ekonomi), SMA St. Nikolaus Lokon Tomohon (bidang
kebumian), dan SMKN 1 (bidang geografi). “OSN sebagai sebuah ajang unjuk prestasi, OSN berkembang menjadi arena pemilihan kandidat-kandidat terbaik Indonesia untuk mengikuti ajang olimpiade sains
tingkat internasional yang secara konsisten diikuti oleh Indonesia hingga saat ini. ” kata Punuh.

Kata dia, sangat menyambut baik dan berharap lebih besar atas penyelenggaraan OSN tahun ini di Sulut seiring dengan semakin
krusialnya upaya peningkatan mutu pendidikan dan semakin tingginyva tantangan untuk membentuk generasi emas 2045.

“Pada penutupan nanti akan dilakukan penyerahan medali, piagam dan beasiswa bagi para juara di OSN SMA kali ini,” jelas Punuh.

Penulis: Zulkifli Madina
Editor: Ishak Kusrant

tenor

Leave a Reply

Your email address will not be published.