Kacabdin Minut – Bitung Pimpin Langsung Penilaian Sekolah Sehat Dan Bersih Pada Hari Terakhir

by



Bitung – Kabarmanado.com – Dinas Pendidikan Daerah ( Dikda ) Sulut menggelar lomba Sekolah Sehat Dan Bersih dalam rangka HUT RI Ke-75 Dan HUT Provinsi Sulut Ke-56.

Lomba yang digelar tersebut adalah inisiatif Gubernur Sulut, Olly Dondokambey SE agar semua SMA/SMK/SLB wajib menata dan menjaga kebersihan sekolah dengan menggelar lomba.

Imbauan Gubernur Olly tersebut secara cepat langsung ditindaklanjuti oleh Dinas Pendidikan Daerah ( Dikda ) Sulut yang dipimpin dr Grace Punuh MKes.

Penilaian tingkat Cabang Dinas Pendidikan Wilayan Kabupaten Kota telah berlangsung dan berakhir pada Jumat (28/08) hari ini.

Khusus diwilayah Cabang Dinas Pendidikan Minut – Bitung pada hari terakhir, panilaian dipimpin langsung oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Minut – Bitung, Drs. Ernest Emor yang didampingi Kasie SMK Dra Femmy Mamahit dibeberapa sekolah yakni SMAN 3 Bitung, SMKN 3 Bitung, SLB Trikora Indah Bitung, SLB Finjili, SMKN 5 Bitung Dan Di SMKN 2 Bitung.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Minut – Bitung, Drs. Ernest Emor mengatakan, antusias sejumlah Kepsek membersihkan dan merawat keindahan Sekolah di SMA/SMK/SLB di Bitung sangat baik.

“Banyak Sekolah disini memberi diri ingin membuat sekolahnya terlihat bersih dan sehat dan sebelum ada lomba mereka juga sudah lama membersihkan sekolahnya,” Jelas Kacabdin Ernest Emor.

Kata Kacabdin, disini para tim penilai sangat ketat melakukan penilaian karena hampir semua sekolah disini telah ditata dan terlihat indah dan bersih.

“Semoga saja dalam menjaga kebersihan dan lingkungan sekolah agar tetap sehat terus mereka jaga dan lestarikan dan juga jangan sampai selesai lomba keindahan seperti ini sudah tidak dijaga lagi,” Harap Kacabdin.

Sementara menurut Kepala SMAN 3 Bitung, Goldfriet Ronny Bawotong M.Pd mengatakan, sebelum adanya lomba sekolahnya sudah melakukan penataan sekolah.

“Datangnya tim penilai yang dipimpin Kacabdin kami memperlihatkan apa yang telah dilakukan selama ini dalam menata taman dan kebersihan lingkungan sekolah,” Jelas Bawotong.

Kata Kepsek, mereka memperindah sekolah bukan karena adanya lomba, tetapi sejak dirinya menjadi Kepsek langsung turun menata sekolahnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Kepala SMKN 2 Bitung, Meryati Taengetan SPd. Kata beliau, sejak dirinya dipercayakan menjadi Kepsek langsung melakukan pembenahan sekolah dan bukan karena adanya lomba baru menata sekolah.

“Sebagai Kepsek harus mampu menata sekolah agar terlihat bersih dan indah dan ini juga untuk merubah karakter siswa dan guru agar mencintai lingkungan,” jelas Dia.

Kata Dia, untuk melahirkan dan melulusakan SDM yang unggul, maka dimulai dari merubah karakter dari diri lingkungan sekolah.

Sementara Kepala SLB Trikora Indah Bitung,
Siti Aisa Tanang, S.Pd, M.Pd menyampaikan terimah kasih pada Kacabdin yang sudah datang dan melihat langsung sekolahnya.

“Kami sebelum adanya lomba sudah menata sekolah ini dan semua guru juga disini sangatlah rajin,” kata Siti.

Lanjutnya, walaupun tidak ada lomba, tetapi terpanggil untuk menata lingkungan sekolah agar dalam meluluskan Sumber Daya Manusia karakter mereka telah terbentuk.(kifli).