Kacabdin Talaud Buka KSN 2020 Yang Diikuti 180 Pelajar Dari 13 SMA Di Talaud

by

Talaud – Kompetisi Sains Nasional ( KSN ) tahun 2020 resmi dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah tanah air, Pada Selasa (20/03), termasuk di wilayah perbatasan dengan Negara Filipina yakni Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara.

Pada KSN tahun 2020 tingkat Kabupaten Talaud, SMAN 1 Melonguane sebagai tuan rumah kegiatan tersebut.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan ( Kacabdin ) Talaud, Sri Ratna Pasiak, S.Pd, M.Pd. secara resmi membuka KSN tersebut.

” Pada era sekarang, sangatlah dilerlukan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dibidang sains,” ungkap Pasiak.

Kata dia, pengetahuan merupakan salah satu syarat utama terhadap  kemajuan bangsa dan suatu tuntutan dalam dunia kerja, sehingga oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Kementerian dan Kebudayaan Republik Indonesia telah melakukan berbagai upaya dalam rangka pengembangan bakat dan minat bagi siswa SMA terhadap ilmu pengetahuan.

” Salah satu iven adalah lomba kompetisi sains baik nasional maupun internasional yang bisa menjawab era globalisasi saat ini, ” ujar Kacabdin ini.

Lanjut Pasiak, dirinya berharap agar kompetisi ini akan mengantarkan siswa – siswa untuk dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

” KSN ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi siswa yang bertalenta dan berkarakter terutama yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud,” katanya.

Lanjut Sri, Selain sebagai sebuah strategi untuk peningkatan mutu pendidikan, kompetisi ini juga merupakan ukuran yang pasti bagi kita sebagai tenaga pendidik, bapak – ibu guru khususnya dari sembilan mata pelajaran dalam kemampuan mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik untuk bersaing ke tingkat provinsi dan nasional.

Sebanyak 13 SMA daro 19 SMA dinTalaud yang mengirimkan delegasinya untuk berkompetisi pada  sembilan bidang mata pelajaran yakni  Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/ Komputer , Biologi, Ekonomi, Kebumian, Astronomi dan Geografi . Adapun total peserta sebanyak 180 pelajar.

Adapun SMA yang mengirimkan  perwakilannya pada KSN 2020 tingkat Kabupaten Kepulauan Talaud yakni SMAN 1 Lirung  ( 12 orang ), SMAN 1 Kabaruan    ( 9 orang   ), SMAN 1 Beo  ( 26 orang ), SMAN 1 Essang  ( 3 orang   ), SMAN 1 Nanusa  ( 8 orang), SMAN 1 Melonguane  ( 25 orang ), SMAN 1 Rainis ( 8 orang ),  SMAN 1 Sambuara  ( 17 orang ), SMAN 1 Moronge  (17 orang ), SMAN Piningkatan Tule    ( 18 orang ), SMAN 2 Melonguane  ( 19 orang ), SMA Advent Ambia  ( 4 orang  ) dan SMAN 2 Lirung ( 17 orang ).

Diketahui , secara umum  KSN  diselenggarakan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan sekaligus menumbuhkan  karakter siswa yang jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh dan cinta tanah air . Melalui kompetisi ini diharapkan  potensi bakat dan kecerdasan kognitif siswa di bidang sains dapat dimotivasi dan difasilitasi sehingga berkembang dengan baik dan kita beroleh calon terbaik untuk diikutsertakan di tingkat provinisi, nasional dan bahkan interasional.