Kadis Dikda Punuh, Pantau Ujian Sekolah Berbasis Android Di SMKN 1 Manado

by

Manado – Perkembangan teknologi saat ini terus mengalami peningkatan diikuti dengan perkembangan zaman dan juga semakin memudahkan sistem pendidikan di Indonesia.

Untuk menjawab dan mengikuti perkembangan teknologi saat ini, maka mulai tahun ini, salah satu Sekolah yang berada di Sulawesi Utara memanfaatkan android dalam pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional.

SMKN 1 Manado adalah salah satu sekolah di Manado yang memanfaatkan android pada ujian sekolah yang digelar 2-6 Maret 2020.

“ Ya kami menggelar ujian berbasis android dan ini adalah terobosan yang luar biasa dalam menghadapi perkembangan zaman saat ini,” ungkap Kepala SMKN 1 Manado, Jenner Rumerung kepada Kabarmanado.com Selasa (3/12/2019).

Kepsek menjelaskan, dirinya juga bersyukur Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulut, dr Grace Punuh MKes bisa datang langsung melihat ujian kali ini dengan sistem android.

” Memang cara kerja sistem ini adalah siswa memanfaatkan telepon genggam masing-masing kemudian membuka aplikasi yang sudah disiapkan pihak sekolah dan aplikasi tersebut berisi pertanyaan dan format pengisian jawaban,” ungkap Rumerung.

Lanjut Ketua Asosiasi SMK Pariwisata Sulut ini, Dengan sistem ini tentunya bisa menghemat lebih dari 50% anggaran untuk ujian.

” Dengan perkembangan zaman yang sudah memasuki 4.0 memang diwajibkan kita untuk bisa beradaptasi dengan teknologi dan jangan sampai kita ketinggalan sedikitpun dan kita sebagai Kepsek harus berkreasi dan berinovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan,” Tutup Rumerung.