Kadis Punuh Pantau UKK di SMKN 1 Manado dan US di SMAN 1 Manado

by

Manado, kabarmanado.com – Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulut, dr Grace Punuh M.Kes pada Rabu (14/04), memantau Uji Kompetensi Keahlian (UKK) di SMK Negeri 1 Manado dan Ujian Sekolah di SMAN 1 Manado.

Pada pemantauan di SMKN 1 Manado Kadis Dikda Punuh melihat para siswa sedang melakukan UKK hampir disemua jurusan yang ada.

“Para siswa saya lihat sangat terampil dalam melakukan praktik dan apa yang mereka tunjukkan ini adalah hasil mereka belajari selama 3 tahun di Sekolah,”ungkap Punuh.

Sementara menurut Kepala SMK Negeri 1 Manado Drs. Jenner Rumerung bahwa disekolahnya ada 562 siswa peserta UKK.

“Ada 6 jurusan keahlian disini yakni
Komputer jaringan, bisnis daring dan pemasaran, usaha perjalanan wisata, perhotelan, otomatisasi tatakelola perkantoran dan akuntansi,”ungkap Kepsek.

Lanjut Kepsek, dalam menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 ini, maka Sekolah telah membentuk satgas covid-19 berjumlah 9 orang.

“Saat ujian kali ini prokes dilaksanakan dengan sangat ketat dimana para siswa wajib mencuci tangan masuk sekolah dan mengukur suhu tubuh, memakai masker dan menjaga jarak,”ungkapnya.

Ketua panitia UKK 2021 SMKN 1 Manado, Brusly Polatikan mengatakan, UKK dilaksanakn selama bulan berjalan yakni April dan Mey dengan membentuk kelompok dimana per kelompok minimal 20 siswa.

“Setiap jurusan dibagi dua kelompok dan untuk menuntaskannya dimana perkelompok ada sampai 4 hari,”tutupnya.

Sementara itu Kadis juga memantau pelaksanaan Ujian Sekolah di SMAN 1 Manado yang dilaksanakan secara online.

“Ya selain UKK di SMK ada juga US di SMA yang saat ini sedang berlangsung dan saat ini saya memantau di SMAN 1 Manado,” ungkap Punuh.

Kata Punuh, ujian sekolah baik juga dilaksanakan secara online karena mengingat saat ini masih dalam pandemi Covid-19 dan ini guna mendukung pemerintah memutus penyebaran Corona.

“Memang ada yang melaksanakan di Sekolah tetapi mereka sudah melalui proses pembelajaran tatap muka yang sangat ketat dengan banyak peryaratan yang wajib dipenuhi Sekolah,”kata Punuh.

Kepala SMA Negeri 1 Manado, Sherly Kalangi mengatakan, disekolahnya ada 529 Siswa yang Ikut ujian sekolah bagi kelas 12.

“Kami disini US dilaksanakan secara daring 100 persen dan hari ini Rabu untuk matapelajaran bahasa inggris, sejarah, matematika peminatan dan sastra indonesia,”jelas Kepsek.

Lanjut Kepsek, hari ini adalah hari ke 3 ujian sekolah dan akan dilaksanakan selama 9 hari.(Kifli).

tenor