Kadis Punuh Terima 75 Siswa SMA/SMK Program ADEM 3T Dari Talaud Dan Sangihe

by


Manado – Kepala Dinas Pendidikan Daerah ( Dikda ) Sulut, dr Grace Punuh MKes bersama Sekretaris Dinas, Vileo Dondokambey SE Senin siang ( 03/08 ) diruangan SDM Dikda Sulut menerima 75 Siswa SMA/SMK Program ADEM 3T Tahun 2020 dari Kepulauan Talaud dan Sangihe.

Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) merupakan salah satu upaya pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI dalam hal pemerataan kualitas pendidikan khususnya bagi anak-anak terbaik dari daerah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal) lainnya.

Mereka disiapkan agar memiliki kemampuan belajar yang setara dengan sebagian besar anak-anak di pulau Jawa dan Bali.

Para siswa ini dibiayai oleh Kemendikbud RI melalui dana dari APBN.

Dalam penerimaan para siswa tersebut dihadiri juga para Kepala SMK dan SMA yang akan menerima mereka yakni Kepala SMAN 1 Manado, Sherly Kalangi, Kepala SMKN 2 Manado, Robyn Koloway, Kepala SMAN 9 Manado, Meidy Tungkagi, Kepala SMKN 6 Manado, Vicky Umboh dan SMKN 1 Manado yang diwakili Wakepsek.

Protokol Kesehatan Covid-19 diterapkan dalam penerimaan siswa tersebut dengan mewajibkan memakai masker, mencuci tangan sebelum masuk ruangan, menjaga jarak dengan duduk 2 meter setiap siswa, dan semua siswa diwajibkan ikut rapid tes Covid-19.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah ( Dikda ) Sulut, dr Grace Punuh M.Kes menyampaikan, para siswa diharapkan bisa mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM ) baik secara daring maupun luring sampai akhir atau mereka lulus nanti.

” Semoga para siswa yang lolos dalam program ini dapat belajar dengan rajin dan menghasilkan yang terbaik karena memang sekarang saat ini masi pandemi Covid-19 pembelajaran secara daring dan luring masih dilakukan dan ini adalah tantangan yang berbeda bagi para siswa saat ini,” ungkap Kadis Punuh.

Kata Punuh, Jangan sampai para siswa tidak belajar dan para Kepsek harus memperhatikan para siswa ini agar mereka bisa belajar dengan baik

” Protokol kesehatan Covid-19 harus tetap dijaga dan dilakukan para siswa apalagi mereka belajar dan tinggal di Manado,” Terang Punuh.

Sekretaris Dinas Pendidikan Daerah Sulut, Vileo Dondokambey SE mengatakan hal yang sama yakni agar para siswa bisa belajar dan terus belajar dengan rajin dengan menghasilkan prestasi yang baik.

” Daerah kepulauan yang masuk program ADEM 3T Kemendikbud RI merupakan garda terdepan dalam pembangunan saat ini,” kata Dondokambey.

Lanjut Dondokambey, Kalian para siswa adalah pilihan terbaik dari Daerah masing – masing sesuai seleksi yang telah dilakukan belum lama ini.

” Kepsek juga bisa memberikan pelayanan pendidikan yang sebaik – baiknya bagi para siswa dari program ADEM 3 T ini dan semoga pendidikan aka lebih maju dan hebat lagi kedepan,” tutupnya.

Sementara menurut salah satu siswi yang masuk pada Program ADEM 3T Tahun 2020 dari Kepuluan Sangihe, Keyla Sifra Pangemanan lulusan dari SMP N 5 Satap Tamako yang masuk di SMAN 9 Manado ini mengungkapkan, dirinya akan giat belajar walaupun pembelajaran secara daring.

” Program dari Pemerintah melalui Kemendikbud ini sangatlah membantu kami para siswa yang berada di Daerah Kepulauan agar bisa terus lanjut sekolah,” Kata Keyla.

” Saya akan rajin belajar dan meraih prestasi agar apa yang diharapkan orang tua bisa saya wujudkan dengan giat belajar,” Jelas siswi yang masih berumur 14 tahun ini.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Prety Febriani Eugenia Hoke Siswi lulusan dari SMPN 2 Kendahe yang saat ini diterima di SMKN 2 Manado jurusan TKJ. Kata dia, dirinya ingin rajin belajar dan meraih prestasi.

” Saya senang bisa lolos dalam seleksi dan bisa dibiayai oleh Pemerintah selama sekolah di jenjang SMK dan ini akan saya buktikan dengan prestasi,” ungkap siswi 15 tahun ini.

Diketahui, Dalam hasil seleksi dari Kabupaten Talaud dan Sangihe yang masuk dan diusulkan ke Dikda Sulut yang sudah difalidasi 75 Siswa yang tersebar di 6 Sekolah SMA dan SMK di Manado Yakni
1. SMAN 1 Manado 27 Siswa
2. SMAN 9 Manado 22 Siswa
3. SMKN 1 Manado 13 Siswa
4. SMKN 2 Manado 5 Siswa
5. SMKN 3 Manado 2 Siswa
6. SMKN 6 Manado 6 Siswa