Kapolda Sulut Tinjau Vaksinasi Anak di Minut Dengan Perketat Prokes

oleh -127 views

Minut, Kabarmanado.com – Kapolda Sulawesi Utara, Irjen Pol Mulyatno meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi bagi anak-anak berusia 6-11 tahun, di SD Negeri 1 Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara dengan perketat protokol kesehatan Covid-19, Rabu (15/12/2021).

Kapolda pada peninjauan tersebut berdialog interaktif dengan Kabaharkam Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto, melalui video conference.

Kapolda Sulut mengatakan, vaksinasi di Provinsi Sulut secara umum sudah masuk dalam daftar 10 besar yaitu, telah mencapai sekitar 74 persen lebih untuk vaksinasi tahap pertama. Sedangkan vaksinasi tahap kedua sudah mencapai sekitar 55 persen lebih.

“Ada beberapa Daerah disini sudah memenuhi syarat untuk dilakukan vaksinasi kepada anak-anak. Dan di lokasi saat ini sudah terkumpul sekitar 300 anak berusia 6 hingga 11 tahun, yang secara bergiliran melakukan vaksinasi,” kata Irjen Pol Mulyatno.

Lanjutnya, ada 6 kabupaten/kota di Sulut yang pelaksanaan vaksinasi untuk orang dewasa sudah lebih dari 70 persen, kemudian untuk lansia lebih dari 60 persen, sehingga bisa dilakukan vaksinasi untuk anak-anak.

Enam kabupaten/kota tersebut yakni, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Kota Bitung, Kota Manado, dan Kota Tomohon.

“Saat ini yang sudah dan akan dilakukan vaksinasi untuk anak berusia 6 hingga 11 tahun,” jelas Irjen Pol Mulyatno.

Beliau menjelaskan, untuk vaksinasi orang dewasa memang ada sedikit kendala karena sebagian besar adalah pekerja yang baru bisa mendapatkan waktu libur pada Sabtu dan Minggu. Namun kendala tersebut sudah bisa diatasi.

“Misalnya para pekerja tambang biasanya libur dihari Sabtu dan Minggu, maka vaksinasi kita laksanakan dihari Sabtu dan Minggu. Kemudian masyarakat yang bekerja siang hari, maka pelayanan vaksinasi dilaksanakan sore dan malam hari,” terang Irjen Pol Mulyatno.

“Sedangkan untuk masyarakat yang ada di pedalaman-pedalaman, vaksinasi kita lakukan secara door to door,” tambah Kapolda.

Terkait pelaksanaan Gerai Vaksin Presisi sejak 1 Juli hingga 14 Desember, sambungnya, Polda Sulut menerima vaksin sebanyak 298.033 vial, kemudian sudah dipakai 261.832, dan sisanya 36.201 vial.

“Untuk perkembangan pelaksanaan vaksinasi di Sulut selama ini berjalan dengan baik dan lancar, antusias dari masyarakat maupun dukungan dari Forkopimda juga sangat tinggi,” pungkas Irjen Pol Mulyatno.

Lanjut Komjen Pol Arief mengucapkan terima kasih kepada Irjen Pol Mulyatno dan anak-anak yang sudah melaksanakan vaksinasi. “Terima kasih Pak Kapolda, sudah mendampingi anak-anak. Dan juga terima kasih kepada anak-anak, tidak takut divaksin,” tuturnya.

Komjen Pol Arief berpesan kepada anak-anak, walaupun sudah divaksin tetapi kalau di kelas atau di sekolah tetap menggunakan masker, dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Beberapa waktu lalu saya mendampingi Panglima TNI ke Manado, aktivitas masyarakatnya cukup tinggi. Dan saat ini kita sudah diterapkan PPKM Level 1, saya berharap protokol kesehatan supaya tetap diterapkan,” imbau Komjen Pol Arief.

Lanjutnya, kondisi ekonomi saat ini yang sudah membaik, tetapi kalau tidak diikuti dengan kepatuhan terhadap protokol kesehatan, maka bisa terganggu.

“Semua kegiatan vaksinasi massal yang dilakukan di Sulut sudah berjalan dengan baik, sudah masuk dalam 10 besar. Mungkin untuk di wilayah-wilayah kepulauan bisa ditingkatkan dan dimobilisir tenaga kesehatan ke wilayah-wilayah kepulauan. Terima kasih Pak Kapolda, selamat bertugas, dan salam sehat,” kunci Komjen Pol Arief.

Penulis : Julkifli Madina

tenor

No More Posts Available.

No more pages to load.