Kapolresta : Tak Ada Penangguhan Bagi Tersangka Penggelapan Motor

oleh -1.046 views
Tersangka Buyung (tengah) saat diamankan Tim Resmob Polresta Manado.

Manado – Kapolresta Manado Kombes Pol Surya Kumara menegaskan, tak akan memberikan penangguhan bagi tersangka penggelapan motor RHB alias Buyung, meski hal itu diajukan oleh tersangka melalui kuasa hukumnya.

Menurut mantan Kapolres Minahasa Selatan dan Kapolres Bitung tersebut, dalam KUHAP memang diatur tentang penangguhan dan itu hak dari tersangka, namun hak penyidik bisa mengabulkan atau tidak.

“Saya tidak akan memberikan penangguhan apalagi tersangka Buyung diduga sebagai mafia motor yang sering mangambil motor kredit yang masih dalam proses kredit. Yang kemudian dijual belikan kepada tersangka oleh konsumen atau kreditur,” ucap Mantan Kapolres Kota Kotomubagu tersebut, Sabtu (05/01/2019).

Seperti di ketahui Buyung diamankan di salah satu tempat di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) beberapa waktu lalu oleh Tim Resmob Polresta Manado.

Buyung merupakan penadah motor dari konsumen FP alias Faisal yang melakukan kredit atau leasing melalui perusahaan Finance di FIFGROUP Manado. Namun belum melakukan pembayaran kredit, motor sudah dijual kepada tersangka Buyung.

Kasus ini bermula saat konsumen Faisal melakukan kredit motor Honda Beat CBS berwarna hitam pada bulan September 2018. Namun hingga batas waktu pembayaran kredit jatuh tempo tidak juga melakukan pembayaran ke FIFGROUP.

Saat karyawan FIFGROUP mendatangi konsumen, ternyata motor tersebut sudah berpindah tangan dan dijual ke tersangka Buyung. Akibatnya, FIFGROUP dirugikan dan melaporkan kasus ini ke Polresta Manado.
Diduga tersangka merupakan penadah motor yang selalu membeli motor leasing dari konsumen yang gagal kredit.

Penulis: Ishak Kusrant

tenor

2 thoughts on “Kapolresta : Tak Ada Penangguhan Bagi Tersangka Penggelapan Motor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.