Kasubdit Cyber Crime Polda Sulut Amankan Penyebar Foto dan Video Hoaks

by
AKBP Iwan Permadi, Kasubdit Cyber Crime. (Foto: Ishak Kusrant)

Manado – Subdit Cyber Crime Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) mengamankan warga yang diduga menyebarkan video/foto hoaks di media sosial terkait bencana gempa dan tsunami yang terjadi di Palu, Sigi dan Donggala beberapa waktu lalu.

“Banyak berita yang di sebarkan tidak sesuai keadaan di lapangan. kami akan menindak oknum-oknum yang sengaja menyebarkan berita bohong tersebut,” ungkap Kasubdit Ciber Crime Polda Sulut AKBP Iwan Permadi pada KabarManado.com, Kamis (04/10/2018).

Iwan mengatakan, sebagai penyidik yang menangani tindak pidana siber mengajak pada masyarakat pengguna media sosial agar bersikap bijaksana dalam menggunakan media sosial, dengan tidak menyebarkan video/foto yang belum diverifiasi. “Jika tidak yakin dengan kebenaran suatu informasi, lebih baik tidak usah disebarkan. Apalagi saat ini banyak beredar berita hoax terkait gempa dan letusan gunung berapi,” ucap Iwan.

Iwan menambahkan, pihaknya juga meminta pada semua masyarakat terutama di Sulut, agar tidak menyebarkan foto/video terkait Gunung Soputan yang belum tentu benar.

 

Penulis: Ishak Kusrant

tenor

Leave a Reply

Your email address will not be published.