Keceriaan Anak TK GMIM Bethel Winangun Kunjungi Perpustakaan dan Museum di Manado

by
Anak TK GMIM GMIM Bethel Winangun bersama Guru dan Pegawai Perpustakaan Manado (Foto: Ishak Kusrant).

Manado – Anak-anak TK GMIM Bethel Winangun hari ini boleh berbangga, ditengah panasnya terik matahari yang menyinari kota Manado, namun tak menyurut mereka untuk melihat dari dekat sejumlah lokasi yang dikunjungi oleh sekolah mereka bersama guru dan orang tua murid.

Dengan menggunakan angkutan kota, puluhan murid TK GMIM Bethel Winangun mengelilingi kota Manado. Lokasi pertama yang dikunjungi Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II A Malendeng, ditempat itu mereka hanya berputar di halaman Rutan kemudian melanjutkan perjalanan ke Perpustakaan Manado yang berada di depan Lapangan Sparta Tikala.

Salah satu anak melihat gambar dalam buku di Perpustakaan Daerah Manado.

Di Perpustakaan Manado murid TK GMIM Bethel Winangun didampingi orang tua dan guru mereka, melihat dari dekat buku-buku yang berada didalam Perpustakaan. Tidak sedikit juga dari mereka membaca isi cerita dalam buku didampingi oleh orang tua mereka.

Dari Perpustakaan Manado mereka istirahat sejenak dan makan siang bersama di lokasi Lapangan Sparta Tikala. Setelah itu mereka kemudian melanjutkan perjalanan mengunjungi Museum Sulawesi Utara (Sulut) yang berada di kawasan Komo Dalam.

Foto : Guru, Orang Tua dan Murid TK GMIM Bethel Winangun, di Museum Manado.

Di Museum Manado para murid mendapat sambutan dari pengelolah Museum Dinas Kebudayaan Provinsi Sulut dengan iringan musik kolintang dan persembahan lagu “Kota Manado Yang Kucintai”. Setelah itu mereka dipandu oleh instruktur untuk memperkenalkan mereka apa saja yang berada didalam Museum tersebut. Mulai dari Ikan Purba Manado (Coleacant), Replica Manusia Purba, alat tradisional, benda-benda peninggalan sejarah, hingga fosil manusia yang berada didalam Waruga.

Sebagai orang tua senang anak-anak mereka boleh melihat langsung dari dekat lokasi sejarah dan tempat-tempat penting di kota Manado, dengan ini mereka mendapat pemahaman dan mengenal dari dekat obyek vital dan tempat bersejarah yang ada di kota Manado.

“Mungkin mereka sebagian masih belum paham karena usia anak-anak masih terlalu kecil, sehingga perlu sering melihat lokasi dan tempat penting dan bersejarah agar mereka bisa mengenal budaya daerah sendiri,” ujar Laurina Rondonuwu salah satu orang tua murid TK GMIM Bethel Winangun, Kamis (9/5/2019).

Kepala sekolah TK GMIM Bethel Winangun Olga Tresje Tangel S.Pd mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan edukasi kepada anak-anak agar mereka bisa tahu apa saja yang di kota Manado, sehingga kelak mereka berpindah sekolah ke tingkat sekolah dasar (SD) pemahaman dan pengalaman mereka jadi bertambah.

“Kegiatan ini salah satu bentuk belajar bagi anak-anak, karena bermain dan belajar tidak harus selalu diadakan di dalam sekolah atau ruangan tapi juga bisa diluar sekolah dengan mengunjungi lokasi dan obyek penting lainnya,” ungkapkannya.

Sebelumnya pada beberapa waktu lalu, murid TK GMIM Bethel Winangun mengunjungi lokasi Kebun Binatang yang berada di Desa Talawaan Kabupaten Minahasa Utara (Minut).  Selain itu mereka juga selalu berpatisipasi dengan mengikuti lomba-lomba yang diadakan oleh Dinas Pendidikan setempat dan lokasinya di sekolah lain serta di pusat perbelanjaan, sehingga anak-anak TK ini mendapat inspirasi untuk bisa disalurkan ke minat dan bakat mereka.

Penulis: Ishak Kusrant
Editor: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published.