Kehadiran Wakil Bupati Minahasa di Gerakan Menuju 100 Smart City 2019

by

JAKARTA – Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi MM, menghadiri Presidential Lecture Gerakan Menuju 100 Smart City 2019 yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika RI di Balai Sudirman, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Acara tersebut merupakan program bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas dan Kantor Staf Kepresidenan. Gerakan tersebut bertujuan membimbing kabupaten/kota dalam menyusun Masterplan Smart agar bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah.

Dalam sambutannya Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G Plate mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan wujud yang kuat bahwa Kementerian Kominfo dan Pemerintah Pusat memberikan dukungan yang kuat untuk memastikan Indonesia menuju Kota Cerdas, dengan 6 karakter menuju kota cerdas. “Pemerintah Pusat dalam hal penyediaan infrastruktur untuk memungkinkannya smart city Indonesia secara sungguh-sungguh dan terus dipakukan, di mana waktu yang lalu kita semua telah melihat peresmian optical fiber yang diresmikan Bapak Presiden RI dimana optical fiber ini menghubungkan jaringan internet lewat bawah laut,” jelas Menteri Kominfo.

Dikatakannya, Kementrian Komimfo dalam hal ini menyampaikan bahwa suatu kebanggaan tersendiri melalui kegiatan Kominfo bersama dengan lembaga lembaga kementrian lainnya mendorong 100 kota dan kabupaten untuk menyusun rencana induk untuk menyusun masterplan smart city di daerah masing masing dengan memberikan panduan bagi pemerintah kota dan kabupaten dalam memanfaatkan teknologi digital demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Dirjen Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, Staf Ahli Mendagri, para bupati/walikota se-Indonesia, para Kadis Kominfo se-Indonesia.

Sementara Wakil Bupati Minahasa, Robby Dondokambey didampingi Kadis Kominfo Kabupaten Minahasa, Agustivo Tumundo, SE MSi dan beberapa pejabat lainnya melakukan peninjauan dalam Smart City Expo dan Exibhition yang telah digelar selama tiga hari di ruang Pameran Balai Sudirman, Jakarta.

Penulis: Roni Sepang
Editor: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published.