Kejar Pelanggar HAM, Komnas Buka Pengaduan Masyarakat di Sulut

by
Gatot Ristanto, SH, MH Kepala Biro Dukungan Penegakan HAM, Komnas HAM (kiri). Foto: Ishak Kusrant (kabarmanado.com)

Manado – Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) RI membuka posko pengaduan masyarakat terhadap kasus HAM yang dialami masyarakat di Sulawesi Utara (Sulut).

Gatot Ristanto, SH, MH sebagai Kepala Biro Dukungan Penegakan HAM, Komnas HAM mengatakan, akses penerimaan pengaduan masyarakat terhadap pelanggaran HAM yang dialami masyarakat dibuka selama tiga hari yaitu tanggal 17 – 19 Juli 2019. Nama posko yaitu “Pos Penerimaan Konsultasi dan Pengaduan Pro Aktif di daerah”

Menurut Gatot, Posko pengaduan yang dibuka selama tiga hari yaitu berlokasi di kota Manado di kantor LBH-YLBHI Manado, di Kotamubagu dan kota Tomohon. “Jadi masyarakat yang mengalami kasus pelanggaran hak asasi manusia bisa mengadukan ke posko Komnas Ham di Sulut, secara gratis dengan dilengkapi data dan identitas, agar kasus yang diadukan itu bisa cepat ditangani,” kata Gatot pada kabarManado.com ditemui di kantor LBH Manado Rabu (17/7/2019).

Sementara itu menyangkut kasus pelanggaran HAM yang terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) tentang pertambangan, Gatot menjelaskan, kasus tersebut telah berjalan, dan Komnas HAM telah memberikan rekomendasi agar Pemda dan Pemerintah Pusat menyiapkan lokasi Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) agar terjadi kesejahteraan yang merata dan terhindar dari konflik sosial dengan pihak koorporasi. “Jadi hasilnya saat ini sedang ditangani oleh Kementrian LHK dan ESDM soal rekomendasi WPR,” kata Gatot.

Gatot menambahkan, secara umum kasus pelanggaran HAM di Indonesia kebanyakan dilakukan oleh oknum polisi, Pemda dan Korporasi, karena itu kami meminta masyarakat jangan sungkan melaporkan agar pihak Komnas HAM bisa memberikan sanksi dan rekomendasi atas kasus pelanggaran HAM tersebut. “Untuk Sulut sendiri, kata Gatot kasus Pelenggaran HAM di tahun 2017 ada 75 kasus, dan 2018 ada 45 kasus, dan kebanyakan adalah kasus agraria,” tandasnya.

Komnas HAM akan berada di Sulut hingga akhir pekan, dan pada Rabu (17/7/2019) sore menggelar Focus Grup Diskusi (FGD) bersama sejumlah organisasi masyarakat di kantor LBH-YLBHI Manado.

Penulis: Ishak Kusrant
Editor: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published.