Kelas 10 dan 11 SMKN 4 Manado Tahun Ini Terapkan E-Raport

by
Kepala SMKN 4 Drs. Jenner Rumerung.

Manado – Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi membuat para guru dan warga sekolah lainnya dituntut mampu menggunakan informasi teknologi (IT)  dalam proses pembelajaran, termasuk yang akan dilakukan SMK Negeri 4 Manado dalam melakukan evaluasi pendidikan menggunakan IT, seperti E-Raport atau rapor elektronik.

E-raport merupakan aplikasi multi user yang terdiri dari tiga komponen pengguna masing-masing admin, guru dan wali kelas. “Dengan E-Raport, sekolah dan pihak luar bisa seperti orang tua dan institusi pendidikan lainnya seperti perguruan tinggi bisa melihat evaluasi hasil belajar siswa dari ulangan harian, lembar kerja hingga ujian akhir semester,” kata Kepala SMKN 4 Manado Drs. Jenner Rumerung Senin (22/7/2019). “Penilaian harian, tengah semester, nilai teori, nilai praktek dan nilai akhir semester juga bisa dilihat secara online. Dengan demikian, orang tua siswa melihat langsung perkembangan anaknya lewat aplikasi yang tersedia,” kata dia.

Oleh sebab itu katanya, sasaran dari kegiatan ini agar semua guru dapat mempercepat penerapan E-Raport dalam penilaian, sehingga kedepan  baik guru maupun sekolah semakin berkualitas dalam pembelajaran. “Kalau selama ini penilaian dilakukan secara manual yaitu guru menuliskan Raport dengan menggunakan tinta pulpen, setelah diluncurkan E-Raport maka penilaian Raport di lakukan dengan digital dimana guru harus merencanakan penilaian dan melakukan penilaian secara semi online,” jelas dia.

Suasana KBM di SMKN 4 Manado.

Lanjut Rumerung, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan menjelaskan bahwa penilaian pendidikan pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah terdiri atas penilaian hasil belajar oleh pendidik, satuan pendidikan, dan pemerintah. Penilaian hasil belajar oleh pendidik bertujuan untuk memantau dan mengevaluasi proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan. Penilaian hasil belajar dimulai dengan merencanakan penilaian, menyusun instrumen, melaksanakan penilaian, mengolah dan memanfaatkan, serta melaporkan hasil penilaian.”Proses Penilaian hasil belajar peserta didik, baik oleh pendidik maupun oleh satuan Pendidikan, akan lebih sistematis, komprehensif, lebih akurat, dan cepat dilakukan apabila didukung dengan perangkat aplikasi komputer. Berkait dengan hal tersebut,,” Katanya.

Lanjut dia, Siswa nantinya bisa memantau dengan melihat langsung matapelajarannya mana yang kurang dan perlu diperbaiki dan semua ini adalah Implementasi dari K-13 dan e-raport ini mulai berlaku bagi siswa kelas 10 dan 11.

Editor: Ishak Kusrant
Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published.