Kemendag RI Jamin Stok Bahan Pokok Jelang Ramadan dan Lebaran di Manado

by

Manado – Kementerian Perdagangan melakukan pemantauan harga dan pasokan barang kebutuhan pokok menjelang puasa dan lebaran 2019 di Sulawesi Utara pada Senin 29 April 2019.

Kemendag yang diwakili Staf Ahli Bidang Pengamanan Pasar, Sutriono Edi, usai mengunjungi Pasar Pinasungkulan, Pasar Bersehati, distributor dan Perum Bulog Sulut selama beberapa hari di Sulut mengatakan, Stock sembako aman menjelang bulan puasa dan Idul Fitri.

“Secara umum kondisi harga bahan pokok stabil dan tersedia seperti gula, beras dan lainnya dan sudah kita cek kelapangan baik bulog, pasar dan distributor dimana sampai puasa dan lebaran aman,” ujarnya saat Rapat koordinasi ketersediaan stock pasokan dan stabilisasi harga barang kebutuhan pokok jelang puasa dan lebaran 2019 di Sulawesi Utara kerjasama kementerian perdagangan RI, Pemerintah Daerah Sulut, TPID Sulut

Kata dia, Kemendag akan membantu Sulut jika ada kesulitan stock di wilayah Kepualuan baik Kabupaten Talaud, Tahuna dan Sitaro.

Lanjut dia, sambil mengimbau agar Pemerintah Daerah agar terus mengawasi dan memantau kondisi harga bahan pokok secara rutin.

Sementara menurut Kepala Perum Bulog Divre Sulawesi Utara dan Gorontalo, Sopran Kenedi menyampaikan, “Secara garis besar komoditi utama yang dikelola oleh Bulog tersedia 25.200 ton, artinya kalau kita bandingkan dengan penyaluran  di Bulog kurang lebih 2300 ton per bulan maka persediaan yang ada mencukupi 11 bulan,” kata dia.

Stock yang ada tersebar di 11 gudang yang dibawahi Bulog yaitu Daerah kepulauan Tahuna, Kota Bitung, Bolaang Mongondow dan Provinsi Gorontalo.

Untuk mengendalikan stabilisasi harga dari bulan Januari sampai April, Bulog sudah menyalurkan 1600 ton untuk kegiatan oprasi pasar.

Penulis: Zulkifli Madina
Editor: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published.