Kemendikbud Berikan Penghargaan Pada Sovi Masinambow Sebagai Pengawas Berprestasi Tingkat Nasional

by

Manado – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan menerbitkan buku “Kumpulan Kisah Sukses Pengawas SMK Berprestasi Tingkat Nasional 2019” salah satunya kepada Dr Sovi RGM Masinambow, MPd dibawah dukungan penuh Kepala Dinas Pendidikan Daerah ( Dikda ) Sulut, dr Grace Punuh MKes.

Pemerintah Provinsi Sulut patut bersyukur ada pengawas dari Dikda Sulut yang berprestasi di tingkat Nasiinal dimana beliau telah dapat penghargaan dengan diterbitkannya buku tersebut.

Peluncuran buku tersebut dilaunching pada simposium internasional pengawas sekolah dan Kepala Sekolah di Jakarta pada 27 November 2019 lalu.

Dr Sovi RGM Masinambow, MPd sebagai pengawas peringkat 6 tingkat Nasional ini, telah mampu menulis karya tulisnya yang diakui tingkat nasional dengan judul ” Penerapan Pendekatan Personal Dalam Peningkatan Kedisiplinan Warga SMK Binaan”.

” Saya senang dan bangga bisa mendapatkan penghargaan dari Kemendikbud dan ini juga berkat dukungan penuh dari Kadis Dikda Sulut , dr Grace Punuh MKes,” ungkap pengawas berprestasi tingkat Nasional ini.

Menurut Dr Sovi RGM Masinambow, MPd bahwa dalam isi tulisannya mengangkat akan rendahnya kedisiplinan warga SMK dengan salah satu tujuan SMK adalah menyiapkan peserta didik agar memiliki kepribadian yang bermoral dan beretika sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup dan memiliki keahlian handal dibidangnya.

” Ya disiplin merupakan tindakan yang menunjukkan perilaku taat pada bdrbagai ketentuan dan peraturan,” ungkap dia.

Lanjutnya, strategi pendekatan personal menjadi hal yang sangat penting dalam memberikan bantuan dan bimbingan belajar kepada setiap individu agar dapat bisa mengoptimalkan potensinya.

” Memang strategi pendekatan ada beberapa tahapan yakni tahap keteladanan, pembinaan sampai sanksi,” katanya.

Lanjut dijelaskannya, sementara untuk manfaat pendekatan personal bagi SMK Binaan telah membawa dampak positif bagi Warga SMK diantaranya yakni bagi peserta didik akan memiliki kesadaran diri dalam pembelajaran, memberikan motivasi peserta didik dalam melaksanakan nilai PPK dan mendapatkan pembinaan dari guru, Kepala SMK dan Pengawas SMK serta mengikuti kegiatan kokulikuler, intrakulikuler dan extrakurikuler secara disiplin.

” Semoga apa yang didapat ini bisa memotivasi para guru, Kepsek, Pengawas Sekolah agar dapat memberikan yang terbaik untuk kemajuan pendidikan di Sulut,” tutup Sovi.