Kemenpora Gelar Pelatihan Peningkatan Kreativitas Pemuda di Bidang Industri Kreatif Fashion di FH Unsrat Manado

by

Manado – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda – Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda bersama Dispora Provinsi Sulawesi Utara dan IKA Unsrat menggelar Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kreativitas Pemuda di Bidang Industri Kreatif di Aula Fakultas Hukum UNSRAT Manado pada tanggal 25 – 26 Juli 2019.

Kegiatan pelatihan bidang Fashion yang pesertanya dibatasi hanya 50 orang pemuda, bertujuan meningkatkan pengetahuan bagi para pemuda di bidang fashion terkait pembuatan pakaian mulai dari proses desain hingga pakaian menjadi sebuah produk fashion yang bernilai tinggi.

Kegiatan pelatihan bidang Fashion yang dilaksanakan di Aula Fakultas Hukum UNSRAT diantaranya: Teknik pembuatan bahan pewarna,
Desain pakaian Teknik memotong dan menjahit.

Drs. Junaedi, MM. Asdep Peningkatan Kreativitas Pemuda Kemenpora mengatakan, Manado dikenal sebagai kota yang sangat Fashionable, dimana fashion sudah seperti mendarah daging bagi pemuda-pemudi Manado, namun besarnya atensi dibidang fashion tidak diimbangi dengan perkembangan industri fashion lokal yang belum terlalu banyak berkembang.

Karena itu, Pelatihan bidang Fashion teknik membuat produk fashion diharapkan dapat menumbuhkembangkan minat dan bakat pemuda-pemudi kota Manado di bidang fashion yang bisa meningkatkan pendapatan dan dapat menjadi potensi pariwisata di kota Manado.

Foto: Drs. Junaedi, MM. Asdep Peningkatan Kreativitas Pemuda Kemenpora. (Foto: Ishak/KM).

Menurut Junaedi kegiatan ini merupakan bagian dari Kreativitas pemuda salah satunya adalah di bidang fashion. Katanya kegiatan ini diadakan disejumlah daerah dengan berbagai Pelatihan dan salah satunya di Manado. “Harapan Kemenpora dengan adanya pelatihan Fashion muncul Pemuda yang kreativitas di bidang fashion dari Sulawesi Utara, agar bisa mengangkat fashion bukan hanya dari daerah tapi juga fashion Indonesian hingga ke tingkat International, sehingga bisa menginspirasi banyak orang terutama anak-anak muda saat ini,” jelas Junaedi.

Junaedi menambahkan, di Kemenpora ada sejumlah bidang Kreativitas Pemuda yang disiapkan yaitu di bidang gratifika dan Pria, kedua bidang musik dan kuliner, ketiga fashion dan film, serta pelatihan di bidang IT yaitu bagiamana membuat star up, dan aplikasi online, namun yang paling diminati dan di cari oleh badan ekonomi kreatif adalah di bidang fashion serta musik dan kuliner agar bisa menghasilkan kewirausahaan.

Foto: Pertukaran Cendramata Asdep Kemenpora, Dekan FH Unsrat dan Senator DPD RI. (Ishak/KM).

Kegiatan Pelatiahan Fashion yang digelar selama dua hari,  akan dilatih oleh instruktur dari Kemenpora, dengan materi teori dan praktek.

Ketua IKA Unsrat :

Senator DPD asal Sulut Ir. Marhany Pua yang juga Ketua Umum IKA Unsrat mengatakan, kegiatan ini dikemas bersama Kemenpora RI dan FH Unsrat, dengan harapan akan banyak Pemuda yang mengerti fashion terutama di kota Manado karena terkait bidang pariwisata di Sulut yang lagi meningkat, sehingga dengan pelatihan ini muncul pemuda yang inovatif dan kreatif agar bisa bersaing dengan mode-mode baik ditingkat nasional maupun ke Mancanegara. “Banyak kegiatan sudah digantikan oleh mesin, kalau kita tidak siap dan tidak memiliki ketrampilan maka akan tergeser di Erah Revolusi 4.0,” ucap Pua.

Dekan FH Unsrat Dr. Pricilla Flora Kalalo SH MH.

Pua mengatakan, akhir dari kegiatan ini pemuda yang terampil akan bisa memberikan penghasilan tambahan bukan hanya bagi individu tapi juga keluarganya. “Karena saat ini kita butuh  pemuda yang berkreativitas untuk memajukan bangsa ini,” harapnya.

Dekan Fakultas Hukum Unsrat:

Sementara itu Dekan FH Unsrat Dr. Flora Pricilia Kalalo SH, MH dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Kemenpora yang memilih FH Unsrat sebagai lokasi Kegiatan. Mantan Wakil Rektor Unsrat tersebut menyampaikan, terima kasih kepada Asdep Kemenpora, Ketua Umum IKA Unsrat, Dispora Provinsi atas dukungannya, karena meski dengan persiapan singkat Pelatihan ini bisa digelar.

Flora mengakui mahasiswa FH Unsrat banyak yang sudah berprestasi karena memeiliki Inner Beauty, sehingga dengan adanya Pelatihan Fashion ini maka akan semakin menambah Kreativitas mahasiswa dan pemuda sebagai peserta, sehingga bisa bersaing dan mengangkat nama daerah serta Indonesia Karena memiliki keterampilan di bidang fashion. “Selamat buat peserta, dan terus berkarya sehingga menghasilkan pemuda yang inovatif,” ujar Dekan FH Unsrat Flora Kalalo.

Dalam pembukaan kegiatan yang dilakukan oleh Asdep Peningkatan Kreativitas Pemuda Kemenpora Drs.  Junaedi, MM, dihadiri oleh Senator DPD RI asal Sulut Ir. Marhany Puah, Dekan Fakultas Hakim Dr Flora Pricilla Kalalo SH, MH, Wakil Dispora Provinsi Sulut dan puluhan peserta.

Editor: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published.