Kementerian PPN/Bappenas Kunjungi SMKN 1 Tondano Dan SMKS Kristen 1 Tomohon

by



Tondano – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional mengunjungi Sulawesi Utara yakni di SMK Negeri 1 Tondano Dan SMKS Kristen 1 Tomohon pada Kamis (19/11).

Kunjungan kerja Kementerian PPN/Bappenas di benerapa Sekolah tersebut dipimpin oleh Amich Alhumami selaku Direktur Agama, Pendidikan dan Kebudayaan.

Sebelumnya mereka mengunjungi SMKS Pelita Bahari Bitung dan SMKN 5 Bitung pada Rabu (18/11).

Diketahui, Kementerian PPN/Bappenas adalah Kementerian yang mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang perencanaan pembangunan nasional untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

Usai kunjungan di kedua Sekolah tersebut, Amich Alhumami selaku Direktur Agama, Pendidikan dan Kebudayaan menyampaikan, mereka melihat langsung proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) baik secara daring maupun luring di Sekolah dimasa Pandemi Covid-19 dan melihat optimalisasi pemanfaatan proyek DAK di Sekolah.

“Kami kunjungi Sekolah melihat bagaimana pelaksanaan program dan kegiatan dari Kemendikbud apa terencana dengan baik atau tidak misalnya pemanfaatan DAK dalam meningkatkan kualitas sarana dan prasarananya,”Jelas Amich Alhumami.

Kata beliau, mereka melihat apakah sudah terlaksana dengan baik pemanfaatan gedung baik ruang kelas sebagai sarana pembelajaran atau alat – alat praktek fasilitas pendidikan.

“Kami juga memantau PJJ di masa pandemi ini apakah pembelajarannya berlangsung dengan baik atau tidak,”ungkapnya.

Dijelaskan Amich Alhumami bahwa mereka juga melihat apakah fasilitasi bantuan peket data dan lainnya bisa dimanfaat dengan baik atau tidak oleh pihak sekolah kepada siswa.

Lanjutnya, SMK harus meyediakan sumber daya manusia yang trampil yang siap kerja dan dibutuhkan daerah dalam mengembangkan perekenomian.

“Memang ada yang didapat dari hasil kunjungan yakni masih ada sekolah yang belum lengkap sarana dan prasarana pendidikannya karena siswa yang banyak tetapi fasilitas ruang belajar yang sangat kurang,”Jelas dia.

Peninjauan tersebut didampigi langsung oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Minahasa – Tomohon, Joice Rumengan.

Menurut Kacabdin, Joice Rumengan bahwa kunjungan tim Kementerian PPN/Bappenas sangatlah baik dan bermanfaat bagi Sekolah yang dikunjungi.

“Mereka melihat langsung proses PJJ dan kesiapan pembelajaran dalam ketrampilan siswa menunjang perekonomian di Sulut dan mereka akan mengkaji kekurangan yang ada di smk,”ungkap Kacabdin.

Diharapkan Kacabdin, semoga saja ada bantuan dari Kemendikbud RI untuk melengkapi fasilitas insfrastruktur pembelajaran yang kurang dibeberapa SMK di Minahasa dan Tomohon.

Sementara Kepala SMKS Kristen 1 Tomohon, Altje S Liuw mengatakan, pihak Sekolah sangat senang dan menyambut baik kedatangan tim dari Kementerian PPN/Bappenas yang datang melihat langsung proses pembelajaran dimasa pandemi Covid-19 dan fasilitas Sarpras pendidikan disini.

“Kami disini adalah sekolah teknologi dimana para siswa disini sudah siap kerja “ungkap Kepsek Altje.

Kata Altje, para rombongan telah melihat langsung siswa melakukan praktik di Sekolah di masa pandemi dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 baik memakai masker, mencuci tangan sebelum masuk ruangan dan menjaga jarak.

“Mereka melihat langsung kelebihan dan kelurangan sekolah ini,”jelas Kepsek.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Kepala SMK Negeri 1 Tondano, Vecky Pangkerego M.Pd. Beliau menjelaskan, Sekolahnya sudah bisa melahirkan para siswa yang siap kerja walaupun dimasa pandemi covid-19.

“Kami sejak berdiri Sekolah telah banyak melahirkan para Siswa yang terampil dan handal dengan menguasai keahlian yang mereka dapat disekolah,”Kata Pangkerego.

Kata dia, saat ini Sekolahnya mendapatkan bantuan DAK pembangunan Ruangan Praktek Siswa perhotelan miliaran rupiah.

“Fasilitas bantuan yang didapat saat ini sangatlah membantu kami dalam meningkatkan keahlian para siswa dan siap kerja kalau lulus nanti,” Jelasnya.

Penulis : Julkifli Madina