Ketua AGIS Sulut: Pengangkatan Pengawas Sekolah Pemprov Sulut Tak Profesional

by

Manado – Rekrutmen dan pengangkatan pengawas sekolah yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sulut pada pekan lalu, menurut Ketua AGIS Sulut, Dr Arnold Poli, sepertinya tak dilakukan secara profesional. Bahkan cenderung tak berpedoman pada regulasi yang ada.

” Pengangkatan pengawas sekolah memang sangat urgent. Kendati demikian, masih terkesan ada “like and dislike” dalam rekrutmen tersebut yang cenderung mengesampingkan kemampuan profesional seorang pengawas sekolah,” ungkap mantan Wakil Kepala Dinas Pendidikan Sulut ini.

Kata Mantan Sekot Tomohon, Ini juga terlihat, ketika ada pengangkatan pengawas sekolah, padahal yang bersangkutan sudah meninggal.

” Kaban BKD maupun Kadis Dikda Sulut sepertinya tidak memahami tentang tugas dan fungsi jabatan fungsional di Dinas Dikda Sulut. Padahal mereka juga termasuk “Baperjakat Bayangan” sebelum dilakukan pelantikan,” ungkap Poli.

Dirinya mengaku tak beranggapan bahwa kejadian ini menjebak User dalam masalah administrasi. Kendati demikian, ini jelas sangat mencoreng dunia pendidikan di Sulut.

“Ini juga menjadi indikator bahwa rekrutmen pengawas sekolah tidak melalui proses sebagaimana yang diatur dalam Permendikbud dan ini jelas sangat mencederai manajemen di Dinas Dikda Sulut,” tandasnya.

Diketahui, faktanya ada Kepsek yang diangkat menjadi Pengawas tetapi belum mengikuti Calon Pengawas.