KKT Sulut Tampilkan Tedong Bonga Toraja dan Tarian Ma’randing di Manado Fiesta

by
Replika Tedong Bonga KKT Sulut Siap Turun Ke jalan di Karnaval Manado Fiesta 2019.

Manado – Kerukunan Keluarga Toraja (KKT) yang ada di Sulawesi Utara (Sulut) akan menurunkan Tedong Bonga Toraja di Karnaval Manado Fiesta 2019, yang akan dimulai pada Sabtu (27/7/2019) sekitar Pukul 13.00 Wita hingga selesai, di Kawasan Taman God Bless Park hingga ke Magamas.

Ketua KKT Sulut Samuel Patabang SH mengatakan, dalam Karnaval Manado Fiesta sekitar 80 peserta yang akan mengikuti arak-arakan iringan Manado Fiesta yang berasal dari suku Toraja yang ada di Sulut, mulai dari anak-anak, pemuda hingga orang tua.

Mereka akan menampilkan berbagai kebudayaan daerah asal Toraja sepanjang jalan mulai dari garis finish di Taman Berkat Boulevard, hingga ke kawasan Megamas.

Personil Tarian Ma’randing KKT saat gladi bersih Semarak Manado Fiesta 2019.

Kata Patabang, budaya yang ditampilkan diantaranya tarian adat Toraja, Replika Rumah Toraja (Tongkonan) dan Tedong Bonga, namun Tedong Bonga yang akan turun ke jalan bukan asli tapi dalam bentuk patung yang akan tampil sepanjang jalan di karnaval Manado Fiesta.

“KKT Sulut ingin menghibur wisatawan daerah dan mancanegara yang datang ke Manado saat Karnaval Manado Fiesta 2019 yang akan dimulai pada Sabtu ini di Boulevard, sembari mengatakan, ada kejutan yang akan disiapkan, Penasaran? Marijo Ka Manado lihat aksi Tedong Bonga dari KKT Sulut,” ucap Patabang.

Tarian Ma’randing merupakan tarian untuk menjemput dan mengatur pahlawan perang yang akan pergi medan perang atau dari media pertempuran. Para penari memakai perisai dan tanduk kuningan di kepala. Sekarang ini digunakan untuk upacara pemakaman orang bangsawan untuk menyambut rombongan tamu.

Patabang mengajak seluruh warga Toraja yang ada di seluruh Kabupaten kota untuk turun Manado, menyemarakan ajang Manado Fiesta 2019.

Editor: Ishak Kusrant

tenor

Leave a Reply

Your email address will not be published.