Korwas Dikda Sulut Bahas Bahasa Daerah di Ranperda Pendidikan

by

MANADO – Dinas Pendidikan Daerah Sulawesi Utara menggelar kegiatan untuk menjadikan Rancangan Peraturan Daerah (RANPERDA) menjadi Peraturan Daerah (PERDA) di Hotel Travello Manado mulai Senin – Jumat 14-18 Oktober 2019.

Salah satu yang dituangkan pada Ranperda tersebut adalah Bahasa daerah untuk diwajibkan dilaksanakan disekolah sesuai dengan wilayah kedaerahan masing – masing.

Menurut salah satu tim perumus dari Dikda Sulut yakni Hermanus Bauwoh yang juga Koordinator Pengawas Dikda Sulut ini pada Kamis (17/10/2019) mengatakan, saat pembahasan bahasa daerah di Ranperda sangat alot dibahas sehingga menjadi perhatian bersama. “Diangkat ini karena untuk menjaga agar bahasa daerah ini tidak akan punah sebab para penutur (bicara) bahasa daerah sudah terancam punah di daerah masing – masing,” ucap Hermanus.

Kata dia mencontoh, saat ini banyak generasi milenial yang sudah tidak tahu lagi akan bahasa daerahnya masing – masing. “Ranperda ini juga menjaga bahasa daerah agar tidak terjadi kepunahan,” jelasnya.

Lanjut dia, diprediksi pada tahun 2020 Bahasa Daerah Terancam akan Punah dan Ranperda ini adalah kesempatan untuk menjaga dan melestarikan bahasa daerah.

Penulis: Zulkifli Madina
Editor: Ishak Kusrant

Leave a Reply

Your email address will not be published.