KPA Hijau Bebas Dikukuhkan dan Langsung Lakukan Penanaman Pohon Bersama

by

 

Mewakili Kepala UPTD KPH VI, bapak Meiyer Frederick Markus melakukan pengukuhan kepada KPA Hijau Bebas yang diketuai oleh Rival Wowompansing Jumat (11/06).(Foto.Ist).

Minut, Kabarmanado.com – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni kemarin, maka Kelompok Pecinta Alam Hijau Bebas melakukan penanaman pohon di hutan kenangan Minahasa Utara pada Jumat (11/06) pagi.

Sebelum penanaman bersama, Mewakili Kepala UPTD KPH VI, bapak Meiyer Frederick Markus melakukan pengukuhan kepada Kelompok Pecinta Alam (KPA) Hijau Bebas yang diketuai oleh Rival Wowompansing, Sekretaris, Andini Dolosemba dan Bendahara Yulastri Rahman.

Pengukuhan dan penanaman bersama tersebut dihadiri juga Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Minahasa Utara, Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Manado, PT. Tirta Investama (AQUA), K P A B AMBERLEY, K P A B SILONOPSIS, K P A B PANIKI SULUT, K P A B VOLCANO TOMOHON.

Ketua KPA Hijau Benas, Rifal Wowompansing mengatakan, kegiatan ini dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Pengukuhan KPA Hijau Bebas yang berlangsung dengan baik.

Ketua Kelompok Pecinta Alam (KPA) Hijau Bebas, Rival Wowompansing melakukan penanaman pohon.(Foto.ist).

“Bukan hanya dari instanai Pemerintah yang hadir akan tetapi hadir juga dari pihak swasta yang turut memeriahkan kegiatan ini.

Perwakilan dari pihak PT.Tirta Investama (Aqua) Airmadidi melakukan penanaman pohon.(Foto.Ist).

“Kegiatan ini sangat bermanfaat terutama tentang kesadaran masyarakat bagaimana cara kita menjaga serta melestarikan alam,”ungkap Rifal.

Perwakilan dari BP2LHK melalukan penanaman pohon.(Foto.Ist).

Lanjut dia, mereka juga mengedukasi akan pentingnya alam bagi manusia, karna alam menurutnya sebagai paru-paru dari Bumi.

“Untuk itu kami dari KPA Hijau Bebas mengambil langkah dengan mengundang Instansi Pemerintah yang bergerak dalam bidang yang sama terutama alam yakni Pihak Kehutanan, dinas lingkungan Hidup, BP2LHK, juga ada dari pihak PT.Tirta Investama (Aqua) yg mensponsor kegiatan kami,”kata dia.

Dia menjelaskan, kegiatan bisa sukses berkat dukungan dari mereka dan kedepan kegiatan seperti ini akan digalakkan terus.

“Menjagadan melestarikan lingkungan adalah harga mati bagi kami seperti melestarikan pohon karena pohon ini adalah penyaring udara di bumi. Dengan daun dan batangnya, pohon menyerap gas dan komponen berbahaya di udara lalu mengeluarkan oksigen, sehingga membantu kita untuk bernapas,”ungkapnya.

Dijelaskannya, banyak manfaat dari kegiatan menanam pohon bagi lingkungan yakni, Mengurangi perubahan iklim, Membersihkan udara, Mendinginkan suhu perkotaan, Menyimpan air, Mencegah polusi air, Tempat tinggal berbagai macam satwa dan Memperkuat tanah.(Kifli).

tenor