Langka Pemkab Minahasa Tangani Warga yang Mengadu ke RR-RD Center

by
Warga Minahasa yang Sakit saat mengaduku ke RR-RD Center dan langsung mendapat perhatian Pemkab dengan memberikan Kartu BPJS Kesehatan.

Tondano – RR-RD Call Center benar-benar menjadi sarana  yang bermanfaat bagi warga, sebagai tempat menyalurkan  aspirasi dan keluhan warga Minahasa.

Seperti  halnya yang sempat  menajadi perhatian dari Bupati Ir Royke Oktavian Roring MSi dan Wakil  Bupati Robby Dondokambey S.Si. Dimana hal tersebut  terbukti pada Sandra Sepang (42) warga asal Desa Koyawas Kecamatan Langowan Barat yang berdomisili di Kecamatan Beo Kabupaten Kepulauan Talaud .  Karena selama ini tak memiliki  kartu jaminan kesehatan.  Sehingga saat sakit menggalami kendala Biaya, sehingga keluarga yakin anaknya mencoba mengadu  keberadaan orang tua ke pihak pemerintah melalui RR-RD Call Center. 

Mengalami sakit dan butuh penanganan medis sedang dalam perawatan anaknya, Esther Pangayouw warga Desa Koyawas Jaga II Kecamatan Langowan Barat dan dibawa ke RS Noongan tanpa memiliki fasilitas BPJS Kesehatan.

Pongayouw yang sehari-hari tinggal bersama oma dan adiknya itu pun membawa keluhan dan permohonan bantuannya tersebut lewat RR-RD Call Center yang dikelola Minahasa Command Center dan menjadi salah satu program prioritas Bupati dan Wakil Bupati Minahasa.

Postingan tersebut dipantau jajaran Pemkab Minahasa, pengelola RRRD Call Center bahkan Ketua TP-PKK Minahasa, Ny. Fenny Roring-Lumanauw, SIP serta bupati dan Wabup. Dengan pertimbangan rasa kemanusiaan dan urgensi maka bupati dan Wabup berinisiatif menginstruksikan SKPD terkait untuk mengurus agar Sepang dalam dibantu dengan fasilitas BPJS Kesehatan gratis Pemkab Minahasa.

Tentu, data kependudukan yang bersangkutan harus terlebih dahulu dipindahkan ke Minahasa dari domisili asal. “Dalam waktu tidak sampai 12 jam ibu Sandra Sepang sudah memiliki KTP Minahasa dan menjadi peserta BPJS Kesehatan tanggungan Pemkab Minahasa karena memang beliau asal Desa Koyawas dan sebelum ke Beo adalah penduduk Kabupaten Minahasa, kami doakan mudah-mudahan ibu segera sembuh,” jelas Bupati Royke Roring.

Hal tersebut mendapat apresiasi dan reaksi positif warga yang salut dengan kepedulian dan respon cepat bupati, Wabup dan jajarannya tersebut baik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Sosial, Camat Langowan Barat dan Hukum Tua Koyawas bersama BPJS Kesehatan Cabang Tondano.

Editor: Ishak Kusrant
Penulis: Roni Sepang

Leave a Reply

Your email address will not be published.