Langkah Bawaslu Minahasa Laporkan Kasus Felly ke Bawaslu Sulut

by
Sidang penanganan dugaan pelanggaran administratif Pemilu yang dilaporkan Bawaslu Kabupaten Minahasa

Manado – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa mengambil langkah berani dengan melaporkan kasus dugaan pelanggaran administrasi kampanye yang dilakukan salah satu calon anggota legislatif (caleg) DPR RI, Felly Runtuwene.

Ketua Bawaslu Minahasa, Rendy Umboh didampingi dua pimpinan Bawaslu Minahasa, Donny Rumagit dan Erwin Sumampouw resmi melaporkan Felly ke Bawaslu Provinsi Sulut. “Kami sudah melaporkan secara resmi ke Bawaslu Provinsi. Setelah melalui pertimbangan, dan kajian yang matang dari kami,” ujar Umboh, Jumat (08/03/2019), saat berada di kantor Bawaslu Provinsi Sulut.

Menindaklanjuti laporan itu, Bawaslu Provinsi Sulut langsung menggelar sidang adjudikasi dengan mengundang pihak pelapor yakni Bawaslu Kabupaten Minahasa dan pihak terlapor yaitu Felly Runtuwene.

Dalam sidang yang dipimpin Ketua Majelis Herwyn Malonda dan dihadiri 3 anggota majelis yang juga anggota Bawaslu Provinsi Sulut itu, diputuskan bahwa persidangan tidak bisa dilanjutkan karena tidak dihadiri pihak terlapor. “Pihak terlapor tidak hadir. Sementara yang datang di ruang persidangan ini tidak membawa surat kuasa dari pihak terlapor,” ujar Malonda yang sempat meneghentikan sementara persidangan.

Setelah persidangan dibuka kembali, Malonda menyatakan sidah diskor sampai Senin 11 Maret 2019 pukul 13.00 Wita.

Diketahui ada sejumlah orang yang hadir dalam persidangan itu dan duduk di deretan kursi bagian terlapor. Mereka adalah Jack Budiman, Fendy R Ratulangi dan Winsy Kuhu.

Diketahui, dugaan pelanggaran pidana pemilu yang dilakukan Felly telah diputuskan oleh Sentra Gakumdu di mana caleg dari Partai Nasdem itu tidak memenuhi unsur sengaja. Sehingga kasus itu berakhir. Namun Bawaslu Kabupaten Minahasa kembali mengangkat kasus ini dengan laporan dugaan pelanggaran administrasi pemilu.

 

Penulis: Yoseph E Ikanubun

Editor: Yoseph E Ikanubun

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.