Langkah Pemprov Sulut Tingkatkan Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah

by
Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Pemprov Sulut, Drs Edison Humiang pada Rapat Pemantapan Pembinaan dan Pengembangan Program UKS/M.

Manado – Pemprov Sulut terus memacu peningkatan peran strategis Usaha Kesehatan Sekolah /Madrasah (UKS/M) di Sekolah – sekolah.

Wakil Gubernur Sulut, Drs Steven Kandouw selaku ketua Umum Tim Pembina UKS/Madrasah di Provinsi Sulut yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Pemprov Sulut, Drs Edison Humiang pada Rapat Pemantapan Pembinaan dan Pengembangan Program UKS/M, Senin (27/08/2018), mengatakan Pemprov Sulut sangat peduli pengembangan UKS di Sekolah.

Humiang beralasan, dengan memacu pembangunan pada sektor pendidikan dan kesehatan secara langsung, justru akan memberi dampak pada peningkatan sumber daya manusia suatu daerah. “Peran UKS/Madrasah bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, serta derajat kesehatan peserta didik,” kata Humiang.

Humiang juga memaparkan mengenai kunci sukses kegiatan UKS/Madrasah yaitu terletak pada berbagai program kerja dan metode pembinaan yang saat ini menjadi tugas dan tanggung jawab Tim Pembina UKS/M. “Sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk mencari, menemukan dan memantapkan metode pembinaan serta program kerja yang tepat sasaran dalam pengembangan UKS/M di Sulawesi Utara,” jelas Humiang.

Sebagaimana diketahui UKS/M adalah kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kesehatan anak usia sekolah pada setiap jalur, jenis, dan jenjang pendidikan.

UKS/M bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta menciptakan lingkungan pendidikan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan pekembangan yang harmonis peserta didik.

Sasaran UKS/M dalam Peraturan Bersama antara Kementerian Pendidikan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama, Kementerian Dalam Negeri ini meliputi peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, dan masyarakat sekolah.

Turut hadir dalam rapat tersebut adalah Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat dr. Kartika Devi Tanos, MARS, Kepala Bappeda Ricky Toemandoek,  perwakilan Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, para Kabag Kesejahteraan Rakyat, perwakilan Kanwil Agama seluruh Kabupaten / Kota di Sulut.

 

Penulis : Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published.