Lulusan Perawat UNPI Manado Tembus Kerja di Jepang

by
Rektor UNPI, Dekan Fakultas Keperawatan bersAMA Perwakilan Next Stage Japan Cooperative.

Manado – Suatu kebanggaan  tersendiri bagi Universitas  Pembangunan Indonesia (UNPI) Manado, dimana lulusan dan Mahasiswanya bisa mendapatkan  kesempatan kerja maupun magang kerja di negara Jepang. Melalui agenda penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dan peluncuran program magang kerja di Jepang dengan Next Stage Japan Cooperative, pada Kamis (25/7/2019) kemarin. MoU ini menindaklanjuti program pengiriman tenaga kerja alumni Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan UNPI Manado di beberapa rumah sakit yang ada di Okinawa, Jepang.
Perwakilan Next Stage Japan Cooperative, menyampaikan, saat ini Jepang sedang kekurangan banyak tenaga kerja di bidang pertanian, teknik perkapalan, teknik informatika, pariwisata dan kesehatan.

Karenanya, peluang kerja bagi mahasiswa Keperawatan UNPI terbuka lebar. Khusus pada kontrak kerja sama ini, para mahasiswa Keperawatan akan bekerja dengan gaji sekitar Rp 25 juta/per bulan. ”Pada beberapa bulan lagi, di Jepang akan membuka peluang bekerja tidak hanya pada bidang kesehatan namun juga bidang lainnya seperti perkapalan dan pariwisata,” terangnya.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada UNPI Manado atas kerja sama ini. Ia mengaku sudah banyak melakukan pertemuan dengan beberapa universitas di Indonesia. ”Hanya UNPI Manado yang langsung menyambut kerja sama pengiriman tenaga kerja,” katanya.

Rektor UNPI dan Perwakilan Perwakilan Next Stage Japan Cooperative usai penandatangan MoU.

Rektor UNPI Manado Debby Renden mengatakan, kerja sama ini untuk memantapkan program lulus langsung bisa kerja. ”Kami mempersiapkan lulusan sebaik-baiknya dengan meningkatkan kualitas output SDM alumni UNPI Manado, termasuk keperawatan.

Mahasiswa yang menjelang lulus dan siap berangkat kerja di Jepang bisa kita bantu dengan mempersiapkan pelatihan dan kursus bahasa Jepang,” jelasnya. “Jadi ketika sudah bisa bahasa Jepang dan memahami karakter budaya Jepang, bisa kita kirim ke sana. Lumayan ogano (artinya, uang) yang didapat yaitu kisaran 25 juta,” paparnya.

Ditambahkan Dekan Fakultas Keperawatan UNPI Manado, Verra Karame bahwa pihaknya menyambut baik Next Stage Japan Cooperative kepada UNPI Manado untuk menyiapkan tenaga kerja bidang kesehatan dengan kursus Bahasa Jepang.
”Kami menyambut baik lanjutan program belajar Bahasa Jepang ini. Saya harap tahap awal seluruh mahasiswa Fakultas Keperawatan memperoleh dasar-dasar Bahasa Jepang,” ujar Karame seraya menambahkan bahwa sampai saat ini sudah ada 14 mahasiwa UNPI yang telah berada di Okinawa, dan akan ditambah 20 di Tokyo.

Editor: Ishak Kusrant
Penulis: Roni Sepang

tenor

2 thoughts on “Lulusan Perawat UNPI Manado Tembus Kerja di Jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published.