Makna Nomor Urut 4 Daftar Caleg di Partai NasDem bagi Tular

oleh -1.094 views
Emmanuel Josafat Tular SIP MSi saat menyerahkan dokumen pendaftaran yang diterima Hermawi Taslim, beberapa waktu lalu.

Manado – KPU secara resmi merilis Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPD, DPR dan DPRD. Nomor urut yang diberikan oleh tiap partai politik pun dimaknai oleh masing-masing bakal calon anggota legislatif, termasuk Emmanuel J Tular SIP MSi.

Tular yang bakal maju ke DPR RI dapil Sulut dari Partai NasDem ini mendapat nomor urut 4. Lantas apa tanggapan Tular?

“Penomoran ini sudah sesuai dengan semangat melestarikan penghayatan 4 landasan berbangsa atau dikenal 4 Pilar yaitu Pancasila, UUD NRI 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ungkap Ketua Presidium PP Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Periode 2004 – 2006 ini.

Tular menambahkan, jika dikaitkan dengan nomor Partai NasDem Nomor 5 yang bermakna lima Sila Pancasila, maka sangatlah tepat untuk tetap memiliki semangat juang 45. “Ini sejalan dengan semangat saya dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan sesuai potensi yang ada khususnya di bidang Legislasi,” papar Wakil Ketua PP Pemuda Katolik Periode 2009 – 2015 ini.

Dia mengatakan, dari keenam Caleg DPR RI dari Partai NasDem, semua memiliki kemampuan dalam memperoleh dukungan suara banyak sehingga berpotensi mencapai target 2 kursi dari 6 kursi DPR RI yang tersedia. “Tinggal siapa yang berhak memperoleh 2 kursi bergantung dari siapa yang terbanyak di antara kita Caleg Partai NasDem,” papar tenaga ahli di DPD RI ini.

Menurut Tular, peluang 2 kursi juga dikarenakan Partai NasDem memiliki 5 atau 6 kepala daerah atau wakil kepala daerah dari 15 kabupaten/kota se- Sulut. “Dengan Pimpinan Partai NasDem Sulut di bawah komando Max Lomban yang saat ini menjabat Wali Kota Bitung,” papar Tular.

Dia mengatakan, pada prinsipnya 6 caleg Partai NasDem itu akan bekerja sebagai satu tim meski sama sama berpeluang memperoleh dukungan suara dan kursi dari masyarakat Sulut. “Saya sangat optimis Partai NasDem Sulut akan memenangkan perolehan kursi di DPR RI pada Pemilu 17 April 2019 menuju tiga besar di DPR RI,” ujar dia.

Terkait proses penetapan bakal caleg itu, Tular juga menyampaikan terimakasih kepada Ketua Umum DPP Partai NasDem Bapak Surya Paloh dan Sekjend Johnny Plate bersama Tim Bapilu yang memberi kesempatan untuk ikut menjadi Calon DPR RI di Dapil Sulut pada daftar Caleg Nomor Urut 4.

 

Penulis: Yoseph E Ikanubun

tenor

2 thoughts on “Makna Nomor Urut 4 Daftar Caleg di Partai NasDem bagi Tular

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.