Masa Darurat Covid – 19, SMKN 3 Manado Bantu Masyarakat, Siswa Dan Guru

by

Manado – Mendukung Program Pemerintah Pusat maupun Provinsi Sulut dalam melakukan pencegahan penyebaran Virus Corona, maka SMK Negeri 3 Manado sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19 dengan berinovasi membuat tempat cuci tangan untuk masyarakat umum didepan Sekolah untuk memudahkan warga khususnya para pejalan kaki dalam mencuci tangan.

” Penyediaan ini merupakan salah satu langkah memutus mata rantai Covid 19 atau virus corona di Sulut terutama warga sekolah,” ungkap Frolly Togas Selasa (28/04) di Sekolah.

“Iya itu inisiasif dari kami agar warga yang masih beraktivitas tetap terjaga dari serangan virus corona, dan kesehatan mereka agar tetap terjaga,” ungkap Togas .

Selain ini, kata Togas, tempat cuci tangan yang sudah ada juga saat ini yaitu didalam sekolah ada 4 tempat dan itu khusus untuk warga sekolah baik guru, pegawai, maupun para siswa.

” Salah satu upaya efektif menjaga kebersihan adalah dengan mencuci tangan. Manfaat mencuci tangan sangatlah banyak,” jelasnya.

Kata dia, Dengan menjaga kebersihan tangan adalah salah satu upaya untuk terhindar dari berbagai penyakit.

” Kami juga membuat masker sendiri yang dibuat langsung para guru- guru dan siswa jurusan kompetensi keahlian tatabusana dimana masker tersebut dibagikan gratis kepada siswa, guru dan masyarakat umum,” ungkap Togas.

Kata Togas, untuk mendorong siswa agar tetap belajar walaupun dalam kondisi darurat stay at home akibat covid 19 sekolah juga membantu para siswa yang kurang mampu dan tidak memiliki gadget dengan memberikan buku matapelajaran yang dibawah langsung oleh tim penamganan covid-19 SMKN 3 Manado.

” Kami sudah produksi 560 masker dan rencana akan di produksi seribu lebih masker,” kata Togas.

Lanjut dia, disekolah juga sebelumnya telah dilakukan penyemprotan disinfektan untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19 dan dia menegaskan salam sehat, dirumah aja, SMK Bisa Sulut Hebat.

Adapun cara cuci tangan cegah Covid-19 yang dipakai sesuai dengan yang direkomendasikan oleh Kemenkes RI yaitu :

1. Basahi tangan, gosok sabun pada telapak tangan, kemudian gosok kedua telapak tangan secara memutar.

2. Usap dan gosok kedua punggung tangan.

3. Gosok sela – sela jari tangan.

4. Bersihkan ujung jari dengan posisi saling mengunci.

5. Gosok dan putar ibu jari.

6. Letakkan ujung jari ketelapak tangan kemudian bilas dengan air bersih.