Melalui Daring, Dikda Sulut Bidang GTK Ikuti Bimtek PPCKS Bersama LPPKSPS Kemendikbud RI

by



Manado – Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah ( LPPKSPS ) Kemendikbud RI menggelar bimbingan teknis program penyiapan calon kepala sekolah yang selanjutnya disebut Bimtek PPCKS secara daring pada Rabu (13/05).

Bimtek PPCKS Bersama LPPKSPS Kemendikbud RI hanya diikuti 17 Daerah termasuk 3 Provinsi dan salah satunya adalah Provinsi Sulawesi Utara melalui Dinas Pendidikan Daerah ( Dikda ) Sulut melalui Bidang Guru Tenaga Kependidikan ( GTK ).

Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulut, dr Grace Punuh MKes melalui Kepala Bidang Guru Tenaga Kependidikan ( GTK ), Merlinda Mamesah S.Pd mengatakan, hari ini dilaksanakan bimbingan teknis program penyiapan calon kepala sekolah yang selanjutnya disebut Bimtek PPCKS secara daring.

” Kegiatan ini nanti dengan mengacu pada Permen no 6 tahun 2018 tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah merupakan sistem yang dibangun dalam rangka peningkatan mutu kepala sekolah,” ungkap Melinda.

Kata dia, Sesuai Permendikbud, penyiapan calon kepala sekolah dilakukan melalui tahap pengusulan bakal calon kepala sekolah, seleksi bakal calon Kepsek, pengusulan bakal calon Kepsek bertujuan untuk memilih guru – guru yang memenuhi peryaratan serta memiliki pengalaman dan potensi terbaik untuk mendapatkan tugas sebagai Kepsek. Seleksi bakal calon Kepsek meliputi seleksi administrasi dan seleksi substansi.

” Bimtek ini diadakan pada 17 Daerah di 3 Provinsi termasuk di Sulut, Gorontalo dan Riau dan Kami Sulut patut berbangga karena Sulut dipilih Kemendikbud dari banyaknya Provinsi di Indonesia,” tutupnya.