Melalui Vicon Wagub Buka UNBK SMK Se-Sulut di SMKN 1 Manado

by

Manado – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sulawesi Utara (Sulut) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dimulai pada hari ini hingga 28 Maret 2019.

Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw mewakili Gubernur Olly Dondokambey yang membuka dan mengecek UNBK se-Sulut melalui konferensi video (vicon) dari SMK Negeri 1 Manado ke semua SMK di Kabupaten kota.

Dari pelaksanaan vicon tersebut, seluruh wilayah menyatakan siap melaksanakan UNBK, serentak, masih ada beberapa daerah yang belum mandiri yang menyediakan perlengkapan komputer yang masih terbatas.

Beberapa daerah mengeluarkan komputer yang kurang lengkap dilengkapi dengan cara melepas dari pihak ketiga dan ada juga sekolah yang mengeluarkan tempat disekolah lain.

Wagub Steven Kandouw usai membuka pelaksanaan UNBK, SMK mengatakan kepada penerbit, ada 14,764 siswa dari 183 SMK yang selama 4 hari ini akan berjuang mendapatkan nilai yang terbaik dalam pelaksaan UNBK. “Semoga seluruh siswa dapat mengikuti UNBK dengan mencontek, saling membantu membantu Kepala Sekolah yang membantu,” tegas Kandouw.

Kandouw menambahkan, khusus daerah yang tidak lengkap fasilitas komputer mereka, Pemprov Sulut akan memfasilitasi melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) 2019. “Pemprov pasti akan membantu mengarahkan pendidikan untuk meminta bantuan kami juga,” katanya kepada para pendukung.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Daerah (Dikda) Sulut, dr Grace Punuh ikut, pada tahun 2019 ini semua SMK 100% ikut UNBK di Sulut. “Tidak ada SMK di Sulut yang tidak melaksanakan UNBK semuanya berjalan dengan baik,” jelasnya.

Kadis Dikda menambahkan, pelaksanaan UNBK hingga didaerah kepulauan dilakaanakan dengan efisien dan hingga kini jaringan internet tidak ditemukan ada keselamatan.

Penulis: Zulkifli Madina

Leave a Reply

Your email address will not be published.