Melihat Objek Wisata Menarik Di Kepulauan Sangihe

by

Foto : Pantai Pananuareng yang berada di kampung Tariang Baru Kecamatan Tabukan Tengah

Tahuna – Walaupun Daerah Kabupaten Sangihe Provinsi Sulawesi Utara terletak di kepulauan dan jauh dari Ibu Kota Provinsi Sulut yaitu Kota Manado, tetapi ternyata kekayaan alam baik wisata dan budayanya sangatlah luar biasa dan berkelas Dunia.

Dari liputan kabarmanado.com di Kabupaten Sangihe, ternyata potensi wisata dan budayanya sangatlah kaya dan banyak.

Lihat saja, potensi Wisata gunung berapai bawah lautnya yang sudah mendunia sudah dikenal oleh para turis mancanegara.

Gunung Mahangetang oleh masyarakat setempat juga dinamai Gunung Banua Wuhu. Gunung ini juga merupakan gunung vulkanik yang masih aktif. Puncak Gunung Banua Wuhu berada di kedalaman sekitar 6-8 meter di bawah permukaan laut di Kabupaten Sangihe.

Foto : Istimewah (Gunung api bawah laut Mahangetang di Sangihe)

Sementara ada juga wisata pantainya yakni di Pantai Pananuareng yang berada di kampung Tariang Baru Kecamatan Tabukan Tengah, dimana pantainya sungguh mengasyikan. Pantai nya putih dan bersih, apalagi ketika  berenang di pesisir pantai pananuareng kita akan disuguhkan dengan  kecantikan ekosistem perairan di sekitranya..

Hampir lengkap pesisir laut pantai di pananuareng dimana memiliki ekossitem padang lamun juga terumbu karang.

Kalau beralih wisata ke Puncak Tahuna, kita bisa pergi ke puncak Pusunge Kampung Lenganeng Kecamatan Tabukan Utara, dimana para pengunjung dapat melihat Teluk Tahuna dengan langkap yang cantik serta memandang Kota Tahuna, ibu kota Sangihe secara lapang.

Foto : puncak Pusunge Kampung Lenganeng Kecamatan Tabukan Utara

Puncak Pusunge telah disediakan sebuah taman wisata, lengkap dengan bangku dan beberapa gazebo untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan sekitar.

Ada juga Tempat wisata di Puncak Alfa di Kampung Lenganeng Kecamatan Tabukan Utara, dengan pemandangan yang menabjukan dimana bisa melihat Kota Tahuna yang begitu indah dipandang mata.

Foto : Puncak Alfa di Kampung Lenganeng Kecamatan Tabukan Utara

Ada juga pantai Embuhanga terletak di kampung Petta Selatan kecamatan Tabukan Utara Sangihe, dimana pantai disana sering disejajarkan dengan pantai Panuareng, pantainya lebih luas, pantai ini dulunya masih kurang dikenal tapi sekarang telah terkenal.

Foto : istimewah ( pantai Embuhanga terletak di kampung Petta Selatan kecamatan Tabukan Utara Sangihe)

Pantai ini sudah seperti pantai lainnya dimana didalamnya telah tersedia fasilitas untuk makan dan minum dan lengkap juga dengan bangku dan beberapa gazebo.

Sementara wisata kuliner berada di sepanjang jalan bolivard Tahuna, dimana kita bisa mencicipi ikan bakar yang segar yang baru didapat oleh para nelayan dan kue-kue khas Sangihe juga tersedia disepanjang jalan tersebut.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata melalui Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata pada Dinas Pariwisata Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Dra Veranella Mahaganti M.Pd saat ditemui kabarmanado.com menyampaikan, Daerah Sangihe kaya akan tempat wisata dan kebudayaannya.

Foto : Kabid Kepala Pariwisata pada Dinas Pariwisata Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Dra Veranella Mahaganti M.Pd

” Kami setiap tahun ada banyak iven wisata dan budaya yang digelar,” ungkap Mahaganti.

Kata dia, setiap tahun ada banyak iven wisata dan budaya yang akan digelar yakni pagelaran adat tulude pada 31 Januari, Festival Tabadine pada 5-8 April, 25-27 Juli ada pemilihan ungke dan momo Sangihe, Festival Pesona Sangihe pada tanggal 5-10 Sebtember dan pada tanggal 15- 25 Oktober ada pagelaran seni dan budaya.

” Beberapa daerah khususnya Kota Manado tahun 2020 ini akan bekerjasama dengan Pemkab Sangihe terutama soal paket wisata para turis sehingga dari Manado mereka bisa lanjut ke Sangihe,” jelas Mahaganti.

Lanjut Mahaganti, Pemkab Sangihe akan melakukan penataan fasilitas ditempat wisata sehingga para turis baik lokal, nasional dan mancanegara nanti bisa menikmati wisata disini dengan nyaman.(Kifli).